by

Kasus DBD di Jaksel Naik

Jakarta: Dalam kurun waktu dua bulan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta Selatan (Jaksel) mengalami kenaikan mencapai 172 kasus.

Data yang dihimpun RRI.co.id, sebelumnya kasus DBD di Bulan November mencapai 424 kasus, di pertengahan Desember ini, naik menjadi 600-an.

“DBD sampai dengan Desember ini jumlah total 600 masih lebih rendah di banding tahun lalu. Tahun lalu sekitar 1000-an,” kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Selatan, M. Helmi, saat dihubungi RRI.co.id, Senin (20/12/2021).

Meski demikian, angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun 2020, yang mencapai angka 1000 lebih kasus di akhir tahun.

Dia menghimbau, kepada warga untuk melaksanakan 3M. Seperti menguras bak mandi, mengubur barang bekas, dan Menutup tempat penampungan air.

Pasalnya di musim hujan banyak tempat genangan air yang harus diwaspadai karena ditakutkan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

“Tiga M jangan lupa, jadi kalau ada tempat yang ada air menggenang bisa dibersihkan. Yang punya hewan peliharaan juga, tempat minum nya dan kandangnya dibersihkan,” kata dia.

Dia juga mengiangatkan baik itu pihak kecamatan, kelurahan, Rw dan RT untuk kembali mengaktifkan jumantik. Pasalnya setiap warga dapat menjadi jumantik mandiri di rumahnya masing-masing.

“Kemudian kita juga menjalankan jumantik mandiri, itu kan juga tetap kita lakukan,” katanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *