Kasus Covid-19 Meningkat, Siapa yang Perlu Disalahkan?

0
(0)

Jakarta: Anggota DPR RI Mardani Ali Sera menilai, pemerintah harus bertanggung jawab terkait kesalahan penanganan wabah Covid-19, yang kini membuat grafik penyebarannya belum melandai.

“Kita harus katakan jujur, apa yang terjadi saat ini (Pandemi Covid-19) adalah akumulasi kesalahan penanganan pemerintah pusat sejak awal,” kata Mardani, Kamis (3/9/2020).

Menurut Politisi PKS itu, sejak awal pemerintah tidak punya konsep besar untuk mencegah penyebarannya.

“Mulai PSBB yang terus menerus diperpanjang berkali-kali namun tidak dapat 100% menekan kerumunan dan penularan. Klasternya bahkan menyebar bukan di kerumunan temporer seperti pasar, tempat ibadah, pesantren, sekolah akademi, perkantoran, bahkan perumahan,” jelasnya.

Dia pun mengungkapkan, perspektif penanganan wabah dan tim gugus tugas yang di tunjuk dalam menangani krisis ini condong ke ekonomi sentris.

“Penanganannya pun presiden membuat Gugus tugas baru yang tidak memiliki belalai hingga level terbawah,” ujarnya.

Seharusnya, kata Mardani, Presiden Joko Widodo mengoptimalkan peran Kemendagri yang bekerjasama dengan Kemenkes, dan instansi lain baik pemerintah maupun swasta untuk menggerakkan struktur birokrasi sampai ke level RT/RW.

“Kemendagri seharusnya di optimalkan bersamaan dengan Kemenkes untuk menggerakkan infrastruktur kesehatan masyarakat terkecil sampai puskesmas,” tuturnya.

Selanjutnya, terang dia, permasalahan vital lain adalah keterbatasan anggaran stimulus fiskal, karena serapannya baru 25 persen dari sekitar Rp695 triliun.

“Sudah enam bulan krisis ini serapan anggarannya baru 25 persen, bagimana tidak rakyat semakin menjerit?” pungkasnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hingga Kini, Swab Test Dijual Rp 2,5 Juta

Sat Sep 5 , 2020
0 (0) Surabaya – Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah masuk 6 bulan. Akan tetapi, pencegahan penyebaran Covid-19 dengan 3T (Test, Tracing dan Therapy) harus didukung dengan infrastruktur pendukung testing Covid-19 seperti rapid test untuk pendeteksi dini dan swab test PCR, pemeriksaan spesimen yang lebih akurat untuk virus Covid-19. Pasalnya, hingga […]