Kapolda Metro: Kejahatan Narkoba Meningkat Selama Pandemi Covid-19

0
(0)

Jakarta – Kejahatan tindak pidana narkoba selama terjadinya pandemi Covid-19 meningkat di ibu kota Jakarta. Para pengedar narkoba dinilai berupaya memanfaatkan situasi pandemi virus Covid-19 dengan harapan petugas mengendorkan pengawasan terhadap aksi jaringan narkoba

“Jadi kalau kita bandingkan sebelum dan saat pandemi. Sebelum (pandemi) pun tinggi, tapi saat pandemi faktanya lebih tinggi,” kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana di Mako Polda Metro Jaya, Jumat.

Jenderal polisi berbintang dua tersebut mengatakan penjahat narkoba memanfaatkan waktu saat pandemi Covid-19. “Mereka mengira polisi atau petugas yang lain lengah,” kata Nana.

Meski belum membeberkan data maupun persentase peningkatan tindak pidana terkait narkoba di masa pandemi, Nana mengatakan jajaran penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dan jajaran Polres di wilayah hukumnya mencatat adanya kenaikan jumlah penyalahgunaan narkoba di masa pandemi.

“Mungkin karena pandemi, ada rasa jenuh atau hal lain, secara psikologi mereka itu kemudian berhadapan dengan kevakuman yang ada, mereka kemudian mencoba hal-hal yang baru dengan narkoba,” ujarnya.

Nana juga menegaskan bahwa kepolisian tidak akan lengah dan mengancam akan menindak tegas pihak-pihak yang mencoba menggunakan maupun mengedarkan barang haram tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menjelaskan, peningkatan jumlah kasus narkoba ini bisa dinilai sebagai sebuah prestasi, karena peningkatannya berarti kasus tersebut sudah ditindak oleh kepolisian.

“Kasus narkoba itu berbeda dengan kasus kriminal pada umumnya, kalau kasus kriminal lainnya itu mengenal adanya laporan polisi untuk kemudian diproses. Sedangkan dalam kasus narkoba, jika ada kasus sudah pasti seluruh kasus tersebut sudah ditindak oleh kepolisian,” katanya.(EP)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ini Aturan Naik Ojek Daring saat PSBB Transisi di Jakarta

Sun Jun 14 , 2020
0 (0) Jakarta – Ojek daring (odar) kini diperbolehkan beroperasi saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi diterapkan di ibu kota. Namun, para pengemudi dan penumpang diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Berdasarkan pengalaman Indonesiainside.id, Sabtu (13/6), pengemudi dan penumpang kini harus mengenakan masker beserta sarung […]