Kapal Pembawa Pupuk Terbalik, 13 ABK Berhasil Diselamatkan

Jakarta – Kapal Motor (KM) Lintas Armada Nusantara dikabarkan terbalik di alur dalam Perairan Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, pada hari ini, Minggu, sekitar pukul 03.17 WIB. Dan, sebanyak belasan anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan.

“Sebanyak 13 orang ABK beserta Nahkoda berhasil diselamatkan dan dievakuasi menuju Pelabuhan Pangkalbalam,” kata Kakansar Pangkalpinang Bapak I Made Oka Astawa dalam keterangannya, Minggu, 7 Juli 2024.

Made menjelaskan, kejadian itu berawal saat Lego jangkar di alur dalam pelabuhan Pangkalbalam mengalami larat (anchor dragging) dan hanyut, tepatnya di depan haluan KM Sentosa 12. Apalagi, saat kejadian arus muara sedang surut deras.

Menurut penuturan salah satu ABK kapal, kejadian tersebut berlangsung sangat cepat. Sehingga mereka tidak dapat menggerakkan kapal untuk menghindari tabrakan yang disebabkan oleh arus muara yang cepat.

Kapal itu langsung miring secara cepat dan seluruh ABK segera mengevakuasi diri ke lambung kapal yang miring.

“Nakhoda sempat hidupkan mesin Kapal. Namun kondisi arus yang cepat menyebabkan kapal tidak sempat olah gerak hingga menabrak bagian depan haluan KM Sentosa 12 dan terbalik,” kata Made.

Nakhoda kapal pengangkut pupuk tersebut dikatakan Made menghubungi unsur maritim KSOP Pangkalbalam dan menginfokan kejadian tersebut ke Kansar Pangkalpinang untuk bantuan evakuasi.

“Kami memberangkatkan 1 tim rescue Menuju Last Known Position (LKP) kapal tersebut menggunakan RBB 01 Basarnas,” ujarnya.

Sementara seluruh muatan material termasuk pupuk masih berada di dalam kapal. Kejadian pendangkalan berulangkali terjadi di alur masuk Pelabuhan Pangkalbalam.

Penanganan akhir umumnya dalam bentuk evakuasi penumpang dan awak serta towing kapal yang kandas. Hal itu juga menyebabkan proses distribusi menjadi semakin lama dan berbiaya besar.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *