Kalahkan Vietnam, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Naik

Doha – Usai mengalahkan Vietnam pada pialasa Asia 2024, Peringkat FIFA timnas Indonesia terpantau naik. Peringkat Skuad Garuda naik lima tingkat dari 147 ke 142.

Laga Indonesia vs Vietnam berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1/2024). Eksekusi penalti Asnawi Mangkualam pada menit ke-41 menjadi gol semata wayang pada pertandingan kali ini.

Sebelum laga melawan Vietnam, posisi Indonesia masih ke-147, sementara Vietnam 95. Dengan perbedaan ranking yang sangat jauh, Skuad Garuda mendapatkan poin lumayan berkat kemenangan ini.

Menurut hitungan Footy Rankings, Sabtu (20/1/2024) Timnas Indonesia akan mendapat tambahan 23,18 poin. Tambahan poin ini membuat anak asuh Shin Tea-yong naik ke posisi 142.

Sedangkan kekalahan atas Indonesia membuat Vietnam turun empat peringkat ke posisi 99. Selain itu, peluang Vietnam untuk lolos ke babak selanjutnya juga tertutup setelah kalah dari Indonesia.

Selain melesat di ranking FIFA, Indonesia juga naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup D dengan tiga poin. Indonesia mengoleksi poin yang sama dengan raksasa Jepang yang baru saja kalah 1-2 dari Irak pada laga kedua.

Hal ini membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar terbuka lebar. Terlebih, pasukan Shin Tae-yong juga menjadi pemuncak klasemen sementara di tim peringkat ketiga terbaik.

Indonesia meninggalkan lawan-lawannya di klasemen peringkat tiga terbaik. Tajikistan (Grup A), Syiria (Grup B), dan Palestina (Grup C) yang sudah memainkan dua laga, baru mengoleksi satu poin.

Selanjutnya tim asuhan Shin Tae Yong akan menghadapi Jepang pada laga terakhir Grup D, Rabu (24/1/2024). Jika mampu mengalahkan Jepang, peringkat FIFA Timnas Indonedia juga akan meroket.

Skuad Garuda bakal naik 10 posisi di ranking FIFA hingga geser Malaysia jika mampu mengalahkan Jepang. Menurut perhitungan laman football-ranking,com, Timnas Indonesia mendapatkan +30.94 poin jika menang atas Jepang.

Andai dikalkulasi dengan poin Timnas Indonesia saat ini (1,076.91), raihan angka skuad Garuda menembus 1.107,85. Timnas Indonesia pun langsung naik 10 posisi dari peringkat 142 ke 132 dunia.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *