by

Jubir Covid: PPKM Efektif Turunkan Kasus Covid-19

Ambon: Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung menuturkan, langkah pemerintah dalam menerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Ambon memberikan dampak terhadap jumlah kasus terkonfirmasi yang sesuai data hingga 24 Juli 2021 angkanya menunjukan penurunan.

Hosting Unlimited Indonesia

“Kita harapkan kasusnya makin menurun, meski secara menyeluruh hingga 25 Juli jumlah kasus aktif masih 30 persen untuk Maluku, sedangkan positivity rate masih 46 persen dan itu masih tinggi, dimana seharusnya dibawah 5 persen,” ujar Rerung.

Menurutnya, semua pihak memiliki andil terhadap tren penurunan kasus terkonfirmasi. Mulai dari pemerintah dengan instruksi terkait PPKM Mikro yang ditaati oleh masyarakat, hingga langkah dari para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan.

Olehnya itu, untuk lebih menekan angka penyebaran Covid-19, protokol kesehatan seperti memakai masker wajib diterapkan mulai dari keluarga hingga lingkungan bermasyarakat.

Setiap langkah yang diambil pemerintah lanjutnya, berdampak baik dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat, dengan tetap memikirkan kondisi perekonomian.

“Semua kabupaten/Kota menunjukan tren penurunan, mulai dari Kota Ambon, Kepulauan Aru hingga Maluku Tengah. Kita harapkan hal ini dipertahankan tentunya melalui berbagai strategi dari Pemkab atau Pemkot setempat,” harapnya.

Ia tidak menampik, setiap langkah yang diambil pemerintah tentunya mendatangkan pro dan kontra khusunya dari kalangan mahasiswa. Namun diharapkan, kedepannya mereka bisa bersinergi dengan menjadi duta dalam mengedukasikan masyarakat terkait protkes hingga memerangi hoax.

“Sifat kritis itu penting, namun diharapkan kedepannya mahasiswa mengerti jika langkah yang diambil pemerintah adalah terbaik dimasa pandemi ini. Kita berharap kritikan datang dari berbagai pihak termasuk mahasiwa berupa masukan, dengan cara yang berdikusi langsung dengan pengambil kebijakan,” tutupnya. (AL)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *