by

Jokowi: Banyak Potensi Pemuda Papua Belum Tergali

Jayapura: Presiden Joko Widodo (Jokowi), menaruh harapan Papua Youth Creative Hub dapat menjadi pusat pengembangan talenta muda dari Papua.

Hal tersebut dikemukakan Presiden saat Groundbreaking Papua Youth Creative Hub di Distrik Abepura, Sabtu (02/10/21).

“Kita harapkan (Papua Youth Creative Hub/Poros Kreasi Pemuda Papua) menjadi penggerak, pusat pengembangan talenta-talenta hebat di tanah Papua, menjadi pusat kreativitas anak-anak Papua dalam memperkuat ekosistem yang baik,” tutur Presiden di Jayapura.

Jokowi mengatakan, ide untuk membuat program tersebut muncul setelah dirinya menerima sejumlah pemuda asal Papua pada September 2019 lalu di Istana Negara Jakarta.

Mereka yang datang bertemu dengan Jokowi yaitu Richard Mahose dari Merauke lulusan Cornell University, Joshua Gombo yang belajar mengenai robotic di Washington DC Amerika Serikat, Pascal Safari yang belajar mengenai ilmu komputer di California, dan pemuda-pemuda lain dari Papua.

“Mereka ini adalah talenta-talenta muda Papua, baik yang sudah lulus seperti Mas Billy Mambrasar, yang sedang belajar di universitas-universitas terbaik di dalam dan luar negeri baik dengan beasiswa dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) maupun beasiswa dari dana otsus (otonomi khusus),” ujar Jokowi.

Keinginan para pemuda Papua tersebut, menurut Jokowi, adalah agar mendapat ruang seluas-luasnya untuk dapat menyatukan inspirasi.

“Atas arahan lapangan, masukan-masukan lapangan dari Pak Kepala BIN, kemudian sebentar lagi akan kita lakukan peletakan batu perdana di tempat ini,” tambah Jokowi.

Jokowi pun yakin, masih banyak sekali potensi pemuda dari Papua yang belum tergali dan belum dikembangkan.

“Itulah tugas kita, baik di Papua maupun Papua Barat, banyak bibit unggul dengan talenta-talenta yang sangat baik di bidang science, seni budaya, dan olahraga. Ini menjadi tugas besar kita semua, untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik dan tertata,” jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan, terdapat ribuan talenta muda di Bumi Cendrawasih yang tentunya diharapkan dapat menjadi penggerak bagi Papua.

“Di sini akan diurus kewirausahaan, petani-petani millenial yang akan dimunculkan, membanguna ekosistem digital, riset dan inovasi dikembangkan. Saya kira inilah masa depan kita semua, masa depan Indonesia, masa depan tanah Papua ada di Papua Youth Creative Hub, dan kita harapkan dalam waktu yang sangat cepatt bisa betul-betul melakukan pengembangan SDM di tanah Papua,” pungkas Jokowi.

Jika tidak ada halangan, Papua Youth Creative Hub akan selesai pembangunan di akhir tahun 2022 mendatang. Fasilitas-fasilitas yang ada di Papua Youth Creative Hub diantaranya coworking space (ruang kerja bersama), ruang teknologi digital, ruang konser, ruang inovasi produk, serta asrama dan fasilitas olahraga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *