by

Jemaah Indonesia Hembuskan Nafas Terakhir di Tanah Suci

Mekkah: Jemaah calon haji yang meninggal di Tanah Suci Arab Saudi kembali bertambah menjadi sembilan orang, data terakhir Rabu (22/6/2022). Jemaah yang meninggal dunia bernama Suharno Bin HM Sudjin berusia 63 tahun asal kloter JKG 10 asal Jakarta Utara

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah, Mukhammad Khanif mengatakan almarhum Suharno meninggal dunia di RS An Noor pada Rabu 22 Juni 2022.

“Terjadi henti jantung. Dinyatakan meninggal pukul 22.28 WAS (Waktu Arab Saudi),” ujar Khanif di Daker (daerah kerja) Makkah.

Khanif menjelaskan Alm. Suharno masuk Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) pada 20 Juni 2022 pukul 14.30 dengan kondisi menderita komorbid berat. Pada 21 Juni 2022 pukul 21.00, terjadi henti jantung dan langsung diberikan pertolongan CPR dan obat emergency. Pasien kemudian dirujuk ke RS Al Noor Makkah.

“Tindakan pertolongan kemudian dilanjutkan oleh tim RS Al Noor dan Tim rujuk KKHI. Setelah upaya maksimal, pasien dinyatakan wafat,” kata Khanif lebih lanjut.

Sehari sebelumnya, seorang jemaah dari rombongan haji khusus meninggal dunia. Jemaah bernama Rochma Erviana Prastyawati (62) dinyatakan meninggal dunia pada 21 Juni 2022.

Kepala Bidang Pengawas Haji Khusus PPIH Arab Saudi 1443 Hijriah, Mujib Roni melaporkan Rochma meninggal karena serangan jantung.

Almarhumah mengalami sesak napas saat berada di dalam bus, saat hendak melakukan city tour Madinah sekitar pukul 07.40 WAS. Pertolongan pun diberikan dengan memberi bantuan oksigen dan resusitasi (pertolongan pertama untuk jantung). Ketika tim ambulance emergency yang datang dan memeriksa, Rochma dinyatakan telah meninggal.

Pada pukul 11.30 jenazah kemudian dibawa Tim Dokter KKHI ke Rumah sakit Arab Saudi untuk proses pemakaman. Pukul 12.00 WAS, jemaah Rochma telah dimakamkan di Pemakaman Uhud Kota Madinah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.