by

Jemaah Dilarang Bawa Zam Zam di Bagasi

Jeddah: Masa kepulangan jemaah haji ke Indonesia masih lama, namun petugas sudah mengimbau agar tidak membawa air zam zam dalam bagasi. Namun jemaah setiba di tanah air, akan mendapatkan air zam zam gratis dari pemerintah.

“Kami mengimbau jemaah tidak sekali-kali memasukkkan air zam zam (dalam koper bagasi). Karena ini berdasarkan regulasi keselamatan dan standar penerbangan internasional. Dan juga jemaah tidak memasukan barang berbahaya lainnya, seperti benda tajam, bahan mudah meledak, dan cairan. Cairan apabila bocor akan merusak dan mengganggu keselamatan penerbangan,” kata Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan Daerah Kerja Bandara, Edayanti Dasril.

Menurut Edayanti, para jemaah dapat memasukkan beragam barang, kecuali barang-barang yang dinyatakan dilarang. Tidak ada larangan yang mengada-ada, baik itu dari Kementerian Agama atau pihak maskapai penerbangan, karena semua mengikuti aturan penerbangan internasional.

Edayanti menyebutkan bahwa di tahun-tahun sebelumnya, jemaah masih diperbolehkan untuk membawa zam zam kemasan botol kecil.

“Kalau tahun sebelumnya masih kita excuse soal bawa botol kecil zam zam maksimal tiga (botol), masih bisa kami bolehkan. Tapi tahun ini, kami dapat edaran dari otoritas penerbangan yang isi edarannya sangat keras. Kalau ada jemaah yang ketahuan bawa air zam zam, yang dipenalti bukan jemaah dan pemerintah, maskapai penerbangan,” kata Edayanti secara tegas.

Namun Edayanti memberi kabar baik untuk jemaah Indonesia. Mereka akan dapat air zam zam secara gratis dari pemerintah.

“Dapat (air zam zam), sekarang dalam proses pengiriman. Ada beberapa yang sudah sampai di embarkasi. Aman. Setiap jemaah dapat zam zam 5 liter secara gratis dari pemerintah,” ujar Edayanti.

Sementara untuk berat bagasi, menurut Edayanti, jemaah diperbolehkan maksimal 32 kg. Dan jemaah hanya dapat membawa tas yang diberikan oleh maskapai dengan logo resmi.

“Nanti yang boleh dibawa jemaah adalah bagasi dengan berat maksimal 32 kg. Bagasi sudah di-set up 32 kg dan bisa diisi apapun, sepanjang tidak diisi dengan air,” kata Edayanti. “Jemaah juga hanya boleh bawa tas yang diberikan oleh pihak penerbangan Saudi Airlines yang berlogo. Kalau rusak, komunikasikan dengan daker (daerah kerja) masing-masing. Kami sudah menyiapkan koper cadangan.”