by

Jelang Nataru, Pangdam Cenderawasih: Waspada Penyebaran Covid-19

Jayapura: Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. mengingatkan semua pihak tetap waspada penyebaran Covid-19 di Papua terutama menjelang libur Natal dan Tahun Baru meskipun pemerintah pusat telah menyampaikan tidak ada cuti saat Natal dan Tahun Baru.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Evaluasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., bertempat di Aula Tony A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Jumat (26/11/2021).

Rapat tersebut diikuti oleh perwakilan pejabat dari Provinsi Papua, Polda Papua, Lantamal X Jayapura dan Lanud Silas Papare Jayapura serta para pejabat utama Kodam XVII/Cenderawasih.

Selain itu, ditambahkan bahwa keberhasilan Indonesia dalam menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan melaksanakan Program Vaksinasi.

Pemberian vaksinasi dirasakan ampuh untuk menekan penyebaran Covid-19. Hal tersebut terbukti dalam pelaksanaan PON XX khususnya di daerah klaster-klaster PON mulai dari Kota Jayapura, Kab. Jayapura, Mimika dan Merauke dimana tingkat penyebaran Covid-19 rendah.

Lebih lanjut, Pangdam XVII/Cenderawasih menjelaskan bahwa cakupan vaksinasi di Provinsi Papua secara umum masih rendah, sehingga percepatan vaksinasi harus tetap dilaksanakan khususnya di daerah-daerah yang prosentase vaksinasinya rendah, sehingga diharapkan di akhir tahun cakupan vaksinasi di Provinsi Papua dapat mencapai 70%.

Hal tersebut menjadi perhatian dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang direncanakan akan berkunjung ke Prov. Papua untuk melihat pelaksanaan vaksinasi di daerah yang prosentase vaksinasinya masih rendah.

Pangdam XVII/Cenderawasih menjelaskan bahwa program vaksinasi masih menjadi prioritas dari pemerintah pusat dimana di tingkat daerah leading sector-nya berada pada Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan TNI Polri selalu siap dalam mendukung program vaksinasi Covid-19 di Bumi Cenderawasih.

Di akhir arahannya, Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan bahwa secara umum tingkat penularan Covid-19 di Indonesia sudah menurun. Selain itu juga angka kematian dan Bed Occupancy Rate di Indonesia sudah menurun walaupun di beberapa negara Eropa tingkat penularan masih tinggi. Hal tersebut merupakan prestasi bagi Indonesia dalam mencegah penularan Covid-19.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *