by

Jawaban Anies Baswedan Soal Pidato Joe Biden

Jakarta: Gubernur Jakarta, Anies Rasyid Baswedan akhirnya menjawab pernyataan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden akan kondisi Ibukota yang diprediksi tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Menurut Anies, terdapat dua hal yang perlu dipahmi dalam pernyataan orang nomer satu di AS tersebut. Pertama, ini kata Anies menunjukkan bila Indonesia punya posisi yang penting dalam penataan ekosistem dunia hari ini. Sehinga mendapat sorotan di tingkatan global.

“Indonesia menjadi perhatian dari masyarakat internasional dan dianggap penting sebagai salah satu tempat yang menunjukkan sehat tidaknya ekosistem bumi kita hari ini,” tutur Anies seperti dikutip rri.co.id dalam webinar di channel YouTube Ikatan Institut Teknologi Bandung, Rabu (11/8/2021).

Kesempatan ini lanjut Anies mesti dimanfaatkan dengan mendorong suara Indonesia lebih jernih dan jelas lagi dalam forum-forum internasional. Baik dalam kepentingan yang sifatnya nasional maupun umum.

Jakarta pun menurutnya juga terus mengupayakannya melalui forum-forum antarkota di berbagai macam belahan dunia.

“Jakarta mencoba melakukan itu dengan berbagai forum antarkota internasional,” jelasnya.

“Dalam forum-forum seperti itu, kami coba mendorong kerjasama untuk menciptakan kebijakan lebih hijau dilevel kota perkotaan untuk memastikan bahwa umat manusia bisa hidup layak, bisa hidup berdampingan dengan alam, dan alamnya lestari,” tambahnya melengkapi.

Kemudian pesan yang kedua, pernyataan ini menurut Anies dapat dimaknai keinginan Presiden AS, Joe Biden mengubah paradigma ekonominya atau apa yang disebutnya sebagai partobatan padigmatik. Sehingga menjadi lebih mempertimbangkan sisi keramahan terhadap lingkungan.

“Jadi pidato ini bukan sekadar pidator internasional, tapi ini juga bagian dari istilah kami pertobatan paradigmatik Amerika, jangan sampai justru kita salah memahaminya dan malah mendorong kebijakan yang menomor sekiankan kelestarian lingkungan seperti donald trump, jadi kami di Jakarta mencoba meletakkan 2 P bersamaan Apa itu? People Planet,” tegasnya.

Sebelumnya, Bahaya pemanasan global ini menjadi isu utama dalam pidato yang disampaikan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden di Kantor Direktur Intelijen Nasional pada 27 Juli 2021 lalu.

Ia mengingatkan perubahan iklim dan pemanasan global yang bisa saja mengubah doktrin strategis nasional. Ia menyebut dampak pemanasan global bisa mencairkan es di kutub dan permukaan air laut mulai naik. Ia pun menyinggung prediksi tenggelamnya ibu kota Indonesia, Jakarta, pada 10 tahun lagi akibat naiknya permukaan air laut tersbut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *