Jangan Seret Prajurit Berpolitik, KSAD Minta Purnawirawan TNI Tidak Mengajak Prajurit Aktif

Jakarta – Pemilu presiden maupun legislatuf tahun 2024 semakin dekat. Kontelasi politik nampaknya semakin tajan dan Para purnawirawan TNI diminta tidak menyeret prajurit aktif ke dalam pusaran politik karena TNI harus bersikap netral. Demikian kata Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Selasa (5/9/2023).

“Saya lihat ada purnawirawan yang mendukung calon, silakan kalau secara pribadi,” ujarnya. Namun, Dudung mengingatkan agar jangan coba mengganggu atau mempengaruhi prajurit aktif untuk kepentingan tersebut.

Dudung menegaskan bahwa hal itu sesuai arahan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Presiden Joko Widodo. “Loyalitas saya tegak lurus kepada Panglima TNI dan kepada Presiden,” ucapnya.

KSAD juga menyampaikan prinsip netralitas TNI pada Pemilu 2024 hingga ke tingkat Kodam dan Koramil. “Kepada mereka kami tekankan untuk memegang teguh netralitas TNI,” ujarnya.

Terakhir Dudung menyatakan kesiapan TNI AD untuk mengawal dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024. “Kami siap mengantisipasi segala kemungkinan yang akan muncul,” ucapnya.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *