Friday, May 7

Jangan Salah Paham ya.., Ini Perbedaan Sperma Dan Air Mani

HarianNasional.com, – Masih banyak orang salah mengartikan perbedaan sperma dan air mani. Bukan sekedar salah sebut, tapi memang salah paham.

Seringkali orang menyebut sesuatu yang keluar setelah pria ejakulasi disebut sperma. Padahal ternyata belum tentu!

Simak penjelasan perbedaan air mani dan sperma yang sudah dirangkum berikut ini:

1. Apa perbedaan sperma air mani

Perbedaan sperma dan air mani adalah sperma tidak bisa hidup tanpa adanya air mani, karena sperma hidup di dalam air mani. Sedangkan air mani adalah cairan pelindung dan makanan bagi sperma.

Air mani berfungsi sebagai kendaraan bagi sperma untuk mengantarkan sperma masuk agar dapat melaju kemudian menembus sel telur. Jika itu berhasil maka terjadilah pembuahan.

“Kalau yang keluar (setelah pria ejakulasi) secara nyata dan dilihat mata telanjang itu namanya air mani. Kalau sperma memang ada di dalam air mani, tapi ada atau tidaknya sperma itu dilihat di bawah mikroskop,” jelas dr.Beeleonie, BMedSc, SpOG (k) dokter Obstetri dan Ginekologi .

2. Bagaimana cara membedakannya?

Untuk melihat dan mengetahui apakah sperma yang dihasilkan sehat, bisa menggunakan mikroskop.

Sampel air mani dibawa ke laboratorim dan dianalisis dengan mikroskop.

“Kalau misalnya ada pasangan suami istri yang bilang, ‘Dok, sperma suami saya banyak banget.’ Tidak mungkin dia tahu dan lihat sperma, karena sperma hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. Itu yang bisa dilihat mata langsung ya air maninya,” tambah dr.Beeleonie.

3. Bentuk sperma dan air mani

Sebagaimana dilansir Andrology Center, sperma merupakan sel reproduksi yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Sperma ditransfer ke sistem reproduksi perempuan selama hubungan seksual.

Ini pun terjadi bila proses ejakulasi dilepaskan di dalam saat hubungan intim berlangsung. Bentuknya seperti bulat melonjong dan memiliki ekor. Sperma hanya visa dilihat dengan mikroskop.

Sementara itu, air mani memang mengandung sel sperma dan cairan plasma lainnya.

Bentuk warna air mani putih, kuning atau agak keabu-abuan, dan kental. Cairan ini dilepaskan saat pria mengalami ejakulasi tentunya.

Setelah beberapa waktu ejakulasi, air mani berubah menjadi cairan menyerupai jeli dan jika disentuh terasa lengket.

Itulah perbedaan sperma dan air mani. Kalau ditanya, pastikan kamu sudah paham ya agar tak salah jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *