by

Jaksa Tangkap Buronan Kasus Narkoba di Jakarta

Jakarta: Tim Tangkap Buronan Kejaksaan Agung menangkap buronan kasus narkoba yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Negeri Medan.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kapuspenkum Kejaksaan RI, Ketut Sumedana menjelaskan, buronan tersebut ditangkap di sebuah pusat perbelanjaan.

“Buronan yang diamankan bernama Aliang alias Sugianto di Seasons City, Jakarta Barat, pada hari Senin 18 Juli 2022,” jelas Ketut dalam keterangan tertulis, Selasa (19/7/2022).

Ketut menekankan, Aliang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dan diancam melanggar Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 62 Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. Hal itu berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi Medan No. 894/Pid.Sus/2020/Pt.Mdn tanggal 25 Agustus 2020.

“Terpidana Aliang alias Sugianto dijatuhi pidana penjara selama 4 tahun dan denda sejumlah Rp1 miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti pidana penjara selama 3 bulan,” urainya.

Menurutnya, Alinag diamankan karena tidak memenuhi panggilan eksekusi putusan sidang. Padahal panggilan terhadapnya sudah disampaikan secara patut.

“Selanjutnya, Tim bergerak cepat untuk melakukan pemantauan terhadap Terpidana dan setelah dipastikan keberadaannya, Tim langsung mengamankan Terpidana dan segera dibawa ke Kejaksaan Negeri Medan untuk dilaksanakan eksekusi,” tandasnya.