Jakbar Target Three Zeroes Di Hari AIDS Sedunia

0
(0)

Jakarta: Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Adkesra) Jakarta Barat, Amien Haji mengatakan bahwa penting bagi semua untuk menjadikan Hari AIDS Sedunia Tahun ini sebagai momentum untuk menguatkan kembali komitmen seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan AIDS untuk mencapai target three Zeroes ,yakni tidak ada lagi infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian yang disebabkan HIV-AIDS dan tidak adalagi diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV AIDS (ODHA).

“Tentu saja, Pemerintah tidak bisa melakukan upaya ini sendirian. Ini adalah tugas besar. Perlu kerja sama dan keterpaduan perencanaan yang berorientasi pada hasil. Saya yakin, dengan peningkatan fungsi koordinasi antar lembaga pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga swasta serta Lembaga Swadaya Masyarakat pemerhati dalam pemantauan keberhasilan program pencegahan dan pengendalian HIV-AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual secara menyeluruh dan terintegrasi, maka target Akhir AIDS Tahun 2030 dapat tercapai,” ucap Amien seraya membacakan sambutan Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, Talkshow Hari AIDS tahun 2020 digelar di Ruang Jasmine, Hotel Menara Peninsula, Jalan Letjend S Parman, Jakarta Barat, Selasa (1/12/2020).

Amien melanjutkan, Pemprov DKI Jakarta telah berkomitmen untuk melaksanakan program pencegahan dan pengendalian HIV-AIDS dengan dikeluarkannya Perda No 5 Tahun 2008 tentang penanggulangan HIV-AIDS di DKI.

“Tahun ini kita memperingati Hari AIDS Sedunia dalam situasi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk melaksanakan seluruh rangkaian acara peringatan Hari AIDS Sedunia sesuai protokol kesehatan yang pelaksanaannya ketat, disiplin, termasuk menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun atau memakai hand sanitizer,” ujar Amien.

Amien menegaskan, bahwa diperlukan komitmen dan kerja sama baik lintas sektor maupun lintas program untuk menanggulangi AIDS di Indonesia. Bukan hanya penanganan penyakitnya saja, tapi bagaimana stigma yang ada di masyarakat tentang HIV-AIDS dapat dilenyapkan sehingga diharapkan penanganan kasus dapat menjadi lebih fokus agar keberhasilan program menjadi lebih optimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *