by

Jakarta Siapkan Tim Reaksi Cepat Antisipasi Banjir

Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiapkan 267 Tim Reaksi Cepat (TRC) di setiap kelurahan. Demikian disampaikan Kepala Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI, Michael Sitanggang, Jumat (20/1/2023).

“Tujuannya untuk mengantisipasi banjir sesuai peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),” katanya. Pembentukan TRC itu juga dimaksudkan sebagai upaya percepatan koordinasi dan penanganan bencana di Jakarta.

BPBD DKI juga berkoordinasi dengan BNPB, BMKG dan para wali kota/bupati dalam penanggulangan bencana. “Kami menyalurkan sarana dan prasarana pendukung penanganan banjir ke kawasan rawan bencana,” ujarnya.

Michael selanjutnya memastikan kesiapan posko penanganan bencana dan lokasi pengungsian dengan kelengkapan pendukung yang dapat diaktifkan saat bencana. “Kami mengimbau masyarakat untuk menyiapkan perlindungan khusus seperti payung, jaket, topi, maupun jas hujan,” ujarnya.

Kepada pejalan kaki dan pengguna kendaraan, Michael meminta untuk menjauhi area sekitar saluran air. “Kami menyampaikan agar mereka jangan sampai terperosok,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *