Grup Farmasi AstraZeneca untuk menjamin pasokan 300 juta dosis vaksin virus corona ke Uni Eropa

0
(0)

Berlin – Jerman, Prancis, Italia, dan Belanda menandatangani perjanjian dengan grup farmasi AstraZeneca untuk menjamin pasokan 300 juta dosis vaksin virus corona ke Uni Eropa (UE). Perusahaan obat AstraZeneca bermitra dengan Universitas Oxford Inggris, yang memelopori proyek pengembangan vaksin global.

Perusahaan itu membangun rantai pasokan terpisah di seluruh dunia selama pengujian, mencapai kesepakatan lain awal bulan ini untuk menggandakan kapasitas produksi menjadi lebih dari dua miliar dosis.

“Perjanjian ini akan memastikan bahwa ratusan juta orang Eropa memiliki akses ke vaksin yang dikembangkan Universitas Oxford setelah mendapatkan persetujuan,” kata Ketua Eksekutif AstraZeneca, Pascal Soriot dalam sebuah pernyataan. “Dengan rantai pasokan Eropa kami yang akan segera mulai berproduksi, kami berharap dapat menyediakan vaksin secara luas dan cepat.”

Dilansir dari Arab News, Universitas Oxford memulai uji coba awal dengan ratusan sukarelawan pada bulan April dan sekarang memperluasnya menjadi 10.000 peserta. Dosis yang diumumkan, berpotensi meningkat menjadi 400 juta, dan harus didistribusikan ke semua negara anggota yang ingin berpartisipasi, dan tergantung pada jumlah populasi masing-masing negara.

“Agar vaksin tersedia dalam jumlah besar dengan sangat cepat setelah kemungkinan persetujuan tahun ini atau tahun depan, kapasitas produksi harus dijamin dengan kontrak sekarang,” kata AstraZeneca.

Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn mengatakan bahwa tindakan cepat dan terkoordinasi dari sekelompok negara anggota UE akan membuat semua warga negara Uni Eropa mendapat manfaat. Kelompok-kelompok farmasi besar terlibat dalam perlombaan untuk mengembangkan vaksin melawan virus corona, yang sejauh ini menewaskan lebih dari 417.000 orang dan menginfeksi lebih dari 7,4 juta warga global. (NE)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Antusias Pesepeda Tinggi, Anies: CFD Dilakukan Bertahap

Mon Jun 15 , 2020
0 (0) Jakarta – Meski hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) ditiadakan, warga Jakarta tetap bersepeda saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi diterapkan, Ahad (14/6). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan bahwa kegiatan itu belum dilakukan sepenuhnya. “Dilakukan secara bertahap (HBKB), tapi disediakan jalur […]