Thursday, June 24

Perlu Belajar dari Taiwan Turunkan Covid-19

Jakarta: Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menyayangkan perilaku politis dan egois di masa pandemi kasus Covid-19. Untuk itu, Indonesia perlu belajar dari Taiwan yang jarang isu politik di negara tersebut dalam menurunkan tingkat kasus Covid-19.

“Yang saya lihat, pandemi ini telah membuka mata tentang kehadiran perilaku politis dan egois. Di sinilah letak masalahnya, dan telah terjadi 11 bulan. Lihat Taiwan. Amat jarang kan isu politiknya. Apalagi saling tuding. Mereka berhasil karena mereka percaya sains. Titik,” kata Zubairi di akun Twitternya yang dilihat rri.co.id, Selasa (16/2/2021).

Ia menyayangkan pandangan sebagian masyarakat yang menyebut virus Covid-19 adalah hoaks.

“Lucu juga ya jika masih ada orang yang mengatakan Covid-19 adalah hoaks, seakan bukan masalah besar. Bagaimana mungkin menganggap virus korona bukan masalah besar, sementara makin banyak orang terinfeksi dan meninggal tiap harinya karena virus itu,” terangnya.

Di sisi lain, ia memuji langkah India yang membuat vaksin Covid-19. “India sepertinya akan jadi pembuat vaksin yang vital di dunia. Mungkin yang kedua setelah Amerika Serikat,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *