by

Jadi Pengusaha Sukses, ini Kata Sandiaga Kuncinya

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebut, kunci menjadi seorang pengusaha bukan berasal dari modal. Dia mengatakan, kunci utama menjadi pengusaha adalah mindset.

Sandiaga mengatakan, mindset utama menjadi pengusaha adalah harus mempu tahan banting hingga tidak mudah menyerah.

“Sebagai enterpeneur, sebenarnya kunci jadi pengusaha itu tuh ada di pola pikir, kuncinya adalah enterpeneur bukan jadi profesi tapi enterpeneur itu adalah di Mindset, apa itu mindset seorang entrepreneur?” kata Menteri Sandiaga dalam akun Instagram resminya, Minggu (23/1/2022).

Ia menuturkan, mindset seorang enterpeneur yang lain adalah tidak pernah puas, jujur, ulet, amanah, tidak mudah menyerah, optimis, dan selalu berpikiran positif.

“Tidak pernah give up atau menyerah, selalu optimis, konstruktif dan tidak pernah berfikiran hal yang negatif, tidak pernah pesimis dan tidak pernah senang melihat kegagalan orang, tidak pernah iri kepada kesuksesan orang,” ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan kunci lian jadi seorang enterpeneur adalah mencai cara baru ketika melihat kesuksesan orang lain, serta mencari tahu apa dibalik sukses dari bisnis dan kesuksesan orang tersebut.

“Ada yang bercita-cita jadi pengusaha? Maka ia harus mencari apa di balik semua itu dan apa yang dapat dipelajari. Jika setiap pengusaha memiliki mindset seperti ini maka saya yakin lapangan kerja dan ekonomi kita akan segera bangkit dan pulih,” ujar Sandiaga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.