by

Jadi Cawapres, Jubur MK : Presiden 2 Periode Boleh Dicalonkan

Jakarat – Presiden yang sudah menjabat dua periode boleh mencalonkan kembali sebagai calon wakil presiden dalam pemilu. Demikian dikatakan Mahkamah Konstitusi (MK), lantaran UUD 1945 tidak secara eksplisit mengatur larangan presiden dua periode tidak boleh maju sebagai calon wakil presiden.

“Soal Presiden yang telah menjabat dua periode lalu mencalonkan diri sebagai cawapres, itu tidak diatur secara eksplisit dalam UUD,” kata Juru Bicara MK Fajar Laksono kepada wartawan, Senin (12/9/2022).

Dalam UUD 1945 Pasal Pasal 7 menjelaskan, Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.

“Secara normatif mau dimaknai boleh sangat bisa. Secara etika politik dimaknai tidak boleh bisa juga. Tergantung argumentasi masing-masing,” katanya.

Dalam UUD 1945 tidak aturan secara eksplisit terkait presiden menjabat dua periode tidak bisa mencalonkan sebagai calon wakil presiden. Namun hanya menyebutkan presiden atau wakil presiden menjabat lima tahun, dan sesudahnya hanya dapat dipilih kembali selama satu periode dalam jabatan yang sama.

“Intinya, itu tidak ada aturan eksplisit di UUD,” pungkasnya.(koma)