Wednesday, June 23

Jabar Divaksin, Walikota Disuntik Pertama di Bekasi

Bekasi: Walikota Bekasi Rachmat Effendy dan juga Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto bersama Forkopimda akan divaksinasi Covid-19, hari ini, Jum’at (15/01/2021).

Adapun pelaksanaan vaksinasi itu dilakukan di Gate 19 Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, pukul 10.00 WIB.

“Kita melakukan tanggal 15 Januari 2021 karena memang dari pusat memberikan kesempatan untuk menentukan sesuai situasi dan kebijakan kota antara tanggal 14 dan 15 Januari 2021,” kata Kabag Humas Pemkot Bekasi Sayekti Rubiah ketika dihubungi RRI.co.id, Jum’at (15/01/2021).

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi Dezy Syukrawati mengatakan, jadwal vaksinasi diatur pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dezy menjelaskan, para penerima vaksin harus melewati empat meja saat vaksinasi virus corona.

“Kami akan siapkan empat meja, meja pertama untuk klarifikasi data atau pendaftaran. Lalu meja kedua untuk melakukan pengecekan kesehatan dan klarifikasi riwayat kesehatan,” ujarnya.

Selanjutnya, meja tiga yakni tindakan penyuntikan vaksin. Sedangkan meja keempat, orang yang sudah disuntik akan diberikan kartu tanda suntik pertanda telah dilakukan vaksinasi.

Sebanyak 14.060 vaksin Covid-19 tiba di Kota Bekasi, Selasa( 12/1/2021).

Vaksin itu disimpan di Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Komplek Perum Bumyagara Jalan Bayan 1 No 1 Mustikajaya, Kota Bekasi.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan melakukan vaksinasi Covid-19 massal di tujuh daerah, mulai hari Jumat ini.

Ketujuh daerah Jawa Barat penerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama itu yakni Kota Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Cimahi, Kabupetan Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, Dewi Sartika, menjelaskan, vaksin untuk Tahap I Termin I sudah tiba di masing-masing kabupaten/kota penerima.

“Di Tahap I Termin I, sasaran vaksinasi sebanyak 74.760 SDM Kesehatan fasyankes (Fasilitas pelayanan kesehatan),”ucapnya Rabu, (13/1/2021).

Penyuntikan vaksin Covid-19 yakni vaksin Sinovac akan dituntaskan terlebih dahulu untuk para tenaga kesehatan.

Pemberian Vaksin akan dilakukan sebanyak 2 kali dengan jenjang waktu 14 hari dari penyuntikan vaksin pertama diberikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *