by

Izin Mudik Lebaran 2021 Belum Dikeluarkan

Jakarta:Pemerintah sedang membahas aturan soal tidak ada larangan warga mudik saat lebaran 2021 di tegah wabah virus Covid-19.

“Sejauh ini kebijakan dalam mudik lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian/lembaga terkait,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa (16/3/2021).

Kendati demikian, Wiku berharap, masyarakat dapat menerima apapun keputusan dari pemerintah.

“Namun pada prinsipnya dilarang atau tidak mudik, saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat untuk dapat mengambil keputusan terbaik, khususnya dalam melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” pungkas Wiku.

Kementerian Perhubungan sebelumnya mengeluarkan pernyataan yang berbunyi tidak akan melarang masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini. Kebijakan itu diambil meski pandemi corona belum mereda di Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya bersama Satgas Penanganan Covid-19 dalam waktu dekat akan membuat mekanisme protokol kesehatan covid-19 yang ketat.

Meski begitu, terlihat apa yang dilakukan pemerintah berbanding terbalik dengan 2020 lalu. Saat itu, pemerintah melarang masyarakat untuk mudik demi menekan penularan corona.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *