Istana : Darurat Sipil Langkah Terakhir Atasi Covid 19

0
(0)

Jakarta : Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman menjelaskan, pemerintah masih mempertimbangkan penerapan kebijakan darurat sipil dalam menangani virus corona (Covid-19). Menurut dia, penerapan darurat sipil adalah langkah terakhir yang diambil pemerintah apabila kedepannya penyebaran virus corona semakin meluas.

“Penerapan Darurat Sipil adalah langkah terakhir yang bisa jadi tidak pernah digunakan dalam kasus Covid-19,” kata Fadjroel dalam keterangan resminya, Senin (30/3/2020).

Saat ini, kata dia, pemerintah menjalankan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus corona. Selain itu, pemerintah juga masih mengupayakan kebijakan physical distancing atau menjaga jarak aman.

Baca juga : Ahli Paru Ingatkan Orang Sakit Pakai Masker Cegah Covid 19

“Darurat sipil ini hanya persiapan saja bila keadaan sangat memburuk. Tahapan sekarang adalah PSBB sesuai UU Nomor 6/2018 dilengkapi Pendisiplinan Hukum sesuai Maklumat Kapolri pada 19 Maret 2020,” jelas Fadjroel.

Fadjroel mengatakan bahwa Jokowi meminta agar kebijakan pembatasan sosial berskala besar dan physical distancing dilakukan lebih tegas, lebih disiplin, dan lebih efektif. Sehingga, dapat memutus mata rantai persebaran corona.

Dalam menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar, pemerintah akan mengedepankan pendekatan persuasif melalui kolaborasi Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19, Kem

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Analisa Pembawa Virus COVID-19, Israel Gunakan Perangkat Lunak

Tue Mar 31 , 2020
0 (0) Jakarta: Kementerian Pertahanan Israel berencana menggunakan perangkat lunak untuk membantu menemukan kemungkinan pembawa virus corona. Nantinya data pembawa virus corona akan diuji di perangkat lunak di dalam telepon seluler. Menteri Pertahanan Naftali Bennett beralasan dipakai perangkat lunak ini karena bisa langsung digunakan daripada koronameter yang harus membutuhkan persetujuan […]