by

Investor Tetap Beroperasi di Karawang Meskipun Upah Tinggi

Jakarta: Ketua Komite Advokasi Apindo Darwoto mengatakan meski upah buruh di Karawang tinggi, industri teknologi tinggi tetap beroperasi di Karawang.

“Kalau dia menggunakan high tech (teknologi tinggi) ya mungkin enggak ada masalah ya. Sehingga nanti industri-industri yang high tech itu nanti akan tetap masuk di Karawang . Karena bagaimanapun juga Bekasi Karawang ini kan mother company semua ada di sana,” kata Darwoto dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Minggu (19/6/2022).

Darwoto menyebut banyak perusahaan baru yang beroperasi di Karawang Jawa Barat, pascahengkangnya sejumlah perusahaan pada tahun lalu. Mereka hengkang dengan alasan karena tingginya upah buruh. Namun perusahaan-perusahaan yang menjadi vendor industri seperti Toyota, Mitsubishi tetap berada di wilayah Bekasi dan Karawang.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Karawang mencatat Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) di Karawang sangat tinggi yakni Rp 4.798.312. Ini menjadi upah tertinggi setelah kota Bekasi.

“Tahun ini UMK di Karawang enggak naik sesuai dengan ketentuan baru itu. Karena ya itu tadi sebenarnya sudah di atas nilai over value-lah, makanya enggak naik. Sehingga dengan kondisi tahun lalu ke tahun sekarang upah minimum itu enggak naik,” ucap Darwoto memaparkan.