by

Inovasi Kuliner Ayam Daun Pandan di Bantul

Yogyakarta: Selain sebagai kota pariwisata, Yogyakarta memiliki kuliner khas dan menarik yang menjadi buruan wisatawan. Bahkan, inovasi kuliner yang disajikan juga sering diburu warga lokal.

Ke sisi selatan Yogyakarta, di jalan Parangtritis km 18, Pundong, Bantul, terdapat satu kuliner unik dan memiliki kekhasan tersendiri. Di sini terdapat restoran bermenu ayam daun pandan goreng yang cukup memanjakan lidah para konsumen.

“Bau dan rasa pandan sangat terasa, selain itu dagingnya juga empuk, akan tetapi ada crispy. Enak, unik, dan murah,” kata Katarina, salah satu pengunjung, Sabtu (14/1/2023).

Menu olahan dengan inovasi baru ini memang berbeda dari yang lainnya. Anastasia Santi Sarining Prastiwi (26) mengatakan restoran, yang baru dibuka beberapa bulan, ingin menyajikan hal yang berbeda.

Daging ayam ditambahkan beberapa bumbu, utamanya daun pandan yang dihaluskan, membuat aroma pandannya menyerap ke daging. Untuk menambah kesan pandan, daging ayam dibalut daun pandan.

“Ayam daun pandan goreng disajikan dengan lalapan dan sambal terasi. Untuk harga perporsi sangat terjangkau, 18 ribu rupiah,” kata Sari, menambahkan.

Lokasinya berada sekitar 12 kilometer di sisi utara Pantai Parangtritis dan berada di suasana persawahan yang strategis. Ini membuat nuansa pemandangannya menjadi segar, berpadu dengan kelembutan dan wanginya daging ayam daun pandan goreng.

Ayam daun pandan goreng di Sentani Resto, inovasi pengusaha muda di bidang kuliner (Foto: istimewa)

Selain ayam, di restoran ini juga menyediakan menu olahan daging sapi, seperti steak dan olahan sea food.

“Aneka macam ikan laut kami sediakan dalam keadaan segar. Pembeli juga bisa memilih sendiri,” kata Sari, menjelaskan.

Rumah makan yang memiliki nama Sentani resto ini juga menyediakan berbagai macam minuman kopi. Mereka juga menyediakan minuman tradisional khas Bantul seperti wedang uwuh, wedang sere, wedang jahe, dan aneka minuman lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *