by

Ini yang Tidak Bisa Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja

Jakarta – ini Program Kartu Prakerja adalah pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Kartu Prakerja merupakan program semi bantuan sosial dimana peserta yang menerima manfaat akan menerima insentif sebesar 3,55 juta. Dimana dana tersebut akan dibagi beberapa pos, pos pertama yaitu dana insentif 2,4 juta (diberikan selama 4 tahap, disetiap tahap sebesar Rp600.000), kedua Rp150.000 (diberikan selama 3 tahap, disetiap tahap sebesar Rp50.000), dan yang terakhir sebesar 1 juta untuk dana pelatihan (dana ini tidak bisa dicairkan).

Setiap pelatihan yang tersedia memiliki kompetensi yang akan menunjang peserta dalam mengembangkan skill. Skill yang sedang diminati pasar saat ini dapat ditemukan di https://bit.ly/FitriAlBaasitu.

Namun, sangat disayangkan program kartu prakerja tidak semua orang bisa mendapatkannya. Cek golongan yang termasuk daftar hitam peserta yang tidak akan lolos.

Golongan yang Tidak Bisa Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja

1. Bukan Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berusisa di bawah 18 tahun pada saat mendaftar

3. Tercatat di Kemendikbud (Sedang bersekolah/Kuliah)

4. Telah menerima Bantuan Sosial atau bantuan sosial sejenisnya selama pandemi Covid-19.

5. Seorang pejabat negara atau pimpinan/ anggota DPR

6. Merupakan anggota dipemerintahan (ASN, Polri atau prajurit TNI)

7. Menjabat sebagai Direksi/ Komisaris/ Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

8. Dalam satu Kartu Keluarga (KK), terdapat 2 orang yang menjadi peserta Kartu Prakerja

Jika termasuk kedalam salah satu golongan di atas, Anda tidak akan berpeluang lolos menjadi peserta kartu prakerja.(suara)