by

Ini yang Harus Diperhatikan Jika Wisata Mulai Dibuka

Samarinda: Di masa pademi COVID-19 ini, perasaan stres, bosan, maupun kesepian rasanya bukan lagi sesuatu yang asing. Jadi, wajar saja jika berlibur menjadi suatu kebutuhan. Sejak pemerintah menerapkan peraturan adaptasi kebiasaan baru, sebagian tempat wisata sudah boleh dikunjungi.

Meskipun beberapa tempat wisata sudah dibuka anda pun perlu untuk tetap waspada ketika liburan di masa pandemi. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat ingin berwisata ataupun liburan.

1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Pastikan sebelum liburan, anda berada dalam kondisi yang sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum bepergian. Hal tersebut juga menjadi salah satu syarat wajib yang diperlukan ketika anda ingin pergi, baik menggunakan jalur darat atau udara.

2. Pilih tempat yang aman

Virus Corona lebih mudah menular di tempat yang tertutup dan padat orang. Oleh karena itu, pilihlah tempat berlibur yang luas, terbuka, dan tidak terlalu ramai, Salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi adalah wisata alam terbuka, seperti pantai maupun air terjun.

Sebab, keadaan alam yang masih hijau dan juga ruang terbuka akan memiliki resiko penyebaran yang tidak terlalu tinggi layaknya di kota kota besar yang padat penduduk.

3. Tidak asal menyentuh barang

Dr. R. A. Adaninggar, Sp.PD, mengatakan bahwa salah satu yang wajib dihindari untuk dilakukan oleh wisatawan saat liburan di tengah pandemi Covid-19 adalah asal menyentuh barang.

“Hindari sentuh benda umum. Wisatawan rentan sakit setelah liburan karena berinteraksi dengan permukaan benda umum yang kemungkinan terkontaminasi,” katanya.

4. Bawa peralatan pribadi

Jangan lupa untuk membawa peralatan pribadi, seperti handuk, sikat gigi, tempat minum, dan alat makan. Hal ini adalah untuk mencegah kemungkinan penularan virus Corona dari barang-barang.

5. Memilih tempat menginap dan aktivitas yang tepat

Pilihlah penginapan yang telah menerapkan standar hygiene atau protokol kesehatan. Mulai dari mewajibkan memakai masker, penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan dan juga pengecekan suhu kepada tamu yang datang. Sebab, hal ini menjadi salah satu langkah penting yang harus anda perhatikan sebelum menginap.

Meskipun anda berlibur dalam keadaan yang sehat, namun protokol kesehatan tetap menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan. Oleh karena itu, anda pun sebisa mungkin untuk tetap memakai masker dimanapun anda berada. Sebaiknya anda juga menghindari kerumunan dan tetap jaga jarak aman dengan orang yang ada di sekitar.

Tak hanya itu saja, anda juga perlu melakukan kebiasaan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Sebab, hal ini menjadi salah satu tips liburan aman dan nyaman di masa pandemi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *