Ini Target Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia di Putaran Ketiga

Jakarat – Timnas Indonesia terus menjaga harapan lolos ke Piala Dunia 2026 usai melaju ke putaran ketiga babak kualifikasi zona Asia.

Skuad Garuda memastikan tempat di putaran ketiga usai melibas Filipina di laga terakhir Grup F putaran kedua. Hasil itu membuat Tim Merah-Putih menyegel posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan mengumpulkan 10 poin.

Indonesia menemani juara grup Irak ke putaran ketiga sekaligus mengandaskan langkah Vietnam dan Filipina. Akan tetapi, tim asuhan Shin Tae-yong itu dipastikan akan menghadapi tantangan lebih berat di putaran ketiga.

Pasalnya, tim-tim raksasa Asia telah menanti Asnawi Mangkualam dkk pada fase yang diikuti 18 tim tersebut.
Sebanyak 18 tim yang lolos putaran ketiga akan dibagi ke dalam tiga grup masing-masing berisi enam tim.

Setiap tim di grup yang sama kemudian akan bermain dalam sistem round robin dengan format kandang-tandang.

Dengan demikian, setiap tim nantinya akan memainkan total sepuluh pertandingan di putaran ketiga. Dua tim terbaik dari masing-masing grup (total enam tim) berhak lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Adapun pengundian grup putaran ketiga akan dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni 2024. Sebelum pengundian, setiap tim akan diklasifikasi ke dalam enam pot yang masing-masing berisi tiga tim.

Pot undian ditentukan berdasarkan peringkat FIFA masing-masing peserta. Dari peringkat FIFA saat ini, Indonesia dipastikan akan berada di pot atau grup unggulan terakhir. Artinya, Indonesia akan menjadi tim dengan peringkat FIFA terendah dibandingkan para pesaing di grup yang sama.

Menyadari hal tersebut, Shin Tae-yong tidak ingin memasang target muluk bersama timnya di putaran ketiga.

“Faktanya, peringkat FIFA Indonesia adalah yang terendah di antara 18 negara yang lolos ke putaran ketiga.”

“Anda harus berharap keberuntungan untuk bisa melaju ke putaran final Piala Dunia,” kata Shin Tae-yong, dikutip SuperBall.id dari Naver.

Shin Tae-yong lebih memilih realistis dengan mengincar posisi ketiga atau keempat grup untuk lolos ke putaran keempat.

Nantinya, enam tim yang finis di peringkat ketiga dan keempat akan dibagi ke dalam dua grup di putaran keempat. Indonesia harus menjadi salah satu dari dua pemenang grup di fase ini untuk lolos ke Piala Dunia 2026.

Sedangkan dua runner-up grup akan beradu untuk menjadi wakil Asia di play-off antarkonfederasi. Itu menjadi cara terakhir bagi Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya untuk lolos ke Piala Dunia 2026.

“Saya pikir kami dapat mencoba untuk mendapatkan tempat ketiga atau keempat,” kata Shin Tae-yong.

“Kemudian kami dapat mengincar putaran keempat. Kami bahkan memikirkan tentang babak play-off,” tambahnya.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *