Thursday, June 24

Ini Tahapan Seleksi Jalur Prestasi

Jakarta: Pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta jalur prestasi sejak 8 Juni 2021 lalu diduga sudah melebihi daya tampung.

Hal tersebut dinyatakan oleh Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah. Bahkan, diperkirakan pada jalur pendaftaran seperti jalur zonasi dan jalur perpindahan orangtua akan mengalami hal serupa.

Maka dari itu, proses seleksi calon peserta didik baru sangat dibutuhkan jika jumlah pendaftar sudah melebihi daya tampung. Seperti halnya melalui tahap total pembobotan indeks prestasi, urutan pilihan sekolah dan waktu pendaftaran.

Tidak hanya tahap seleksi saja, ada lima indikator prestasi dan nilai bobot untuk menentukan kelulusan calon siswa mendaftar, diantaranya:

Nilai rapor dengan indikator rata-rata nilai mata pelajaran yang terdaftar dalam petunjuk teknis lima semester terakhir bobot akademik 30 persen, bobot non akademik 10 persen.

Persentil nilai rapor dengan pembobotan penghargaan peringkat rata-rata nilai rapor top 30 persen untuk sekolah akreditasi A, top 20 persen untuk sekolah akreditasi B dan top 10 persen untuk sekolah akreditasi C.

Prestasi akademik di bidang kejuaraan dalam bidang akademik peringkat 3 internasional, nasional, provinsi, kota/kabupaten dalam bidang akademik; bobot akademik 30 persen, bobot non akademik 5 persen.

Prestasi non akademik kejuaraan, pengalaman berorganisasi/kepemimpinan, keaktifan dalam pengembangan minat dan bakat dengan bobot akademik 5 persen, bobot non akademik 40 persen.

Persentil non akademik 10 persen untuk sekolah akreditas A, top 20 persen untuk sekolah akreditasi B dan top 30 persen untuk sekolah akreditasi C.

Sementara diketahui jika seleksi akhir jalur prestasi ini akan berakhir hari ini Jumat (11/6/2021) pukul 14.00 WIB dan proses lapor diri 12-14 Juni 2021 pukul 14.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *