Ini Prediksi Timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023

Jakarta – Kini Timnas Indonesia dalam laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 akan menghadapi Jepang, Rabu, 24 Januari 2024.

langsung RCTI dan platform streaming Vision+, Laga ini bakal berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar mulai pukul 18.30 WIB, disiarkan

Skuad Garuda minimal perlu meraih hasil imbang untuk membuka peluang lolos ke babak 16 besar. Saat ini mereka menempati posisi kedua di klasemen sementara peringkat ketiga terbaik dengan koleksi tiga poin. Indonesia dapat melaju ke fase gugur dengan catatan Oman, Suriah, dan Palestina tidak menang pada pertandingan terakhir di grup masing-masing.

Namun, menahan imbang Jepang bukan tugas yang mudah. Samurai Biru adalah salah satu tim terbaik di kawasan Asia. Mereka langganan tampil di Piala Dunia dan kolektor gelar Piala Asia terbanyak dengan total empat kali juara pada edisi 1992, 2000, 2004, dan 2011.

Situasi Indonesia makin sulit setelah bek utama Jordi Amat mengalami cedera saat mengalahkan Vietnam pada laga sebelumnya. Pemain berusia 31 tahun itu menderita cedera patah tulang hidung sehingga mesti menjalani pengobatan. Jordi diprediksi akan tetap bisa tampil dengan menggunakan topen, meski begitu kondisi tersebut dapat mempengaruhi performanya di lapangan.

Jepang juga dikabarkan mendapat kekuatan tambahan menjelang menghadapi Indonesia. Winger andalan mereka, Kaoru Mitoma sudah mulai ikut berlatih setelah absen pada dua laga awal karena cedera. Kehadiran pemain Brighton & Hove Albion itu menjadi sinyal bahaya untuk lini pertahanan Tim Merah Putih.

Dari segi materi pemain, Indonesia belum sebanding dengan Jepang. Beberapa Pasukan Garuda memang berkarier di luar negeri, tetapi mayoritas tak masuk tim utama. Tercatat hanya Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim) dan Sandy Walsh (KV Mechelen) yang langganan tampil sebagai starter di klub, sementara sisanya hanya menjadi pemain pengganti.

Sementara Jepang, mayoritas pemainnya menghuni tim utama di klubnya masing-masing. Seperti Takefusa Kubo yang menjadi tulang punggung Real Sociedad di Liga Spanyol. Kemudian Wataru Endo yang merupakan gelandang bertahan utama Liverpool, hingga Ritsu Doan, winger utama SC Freiburg di Liga Jerman.

Head to Head

Laga timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023 akan menjadi pertemuan ke-16 kedua tim sepanjang sejarah. Samurai Biru mendominasi dengan delapan kemenangan, sementara Skuad Garuda memenangi pertandingan sebanyak tiga kali dan sisanya berakhir imbang. Duel terakhir Indonesia vs Jepang tercipta pada 1989 kala kedua tim bersua dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 1990. Saat itu, Jepang menang telak 5-0 atas Indonesia.

Lima Pertemuan Terakhir Indonesia vs Jepang

11/06/1989 Jepang 5-0 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 1990)

28/05/1989 Indonesia 0-0 Jepang (Kualifikasi Piala Dunia 1990)

14/09/1981 Jepang 2-0 Indonesia (Turnamen Merdeka)

24/02/1981 Indonesia 2-0 Jepang (Uji Coba)

11/07/1979 Jepang 0-0 Indonesia (Turnamen Merdeka)

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Jordi Amat, Justin Hubner, Shayne Pattynama; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman; Rafael Struick.

Jepang: Suzuki, Itakura, Taniguchi, Ito, Sugawara; Endo, Morita, Doan, Kubo, Minamino; Asano.

Prediksi Pertandingan

Jepang yang mengincar kemenangan atas Indonesia diprediksi bakal tampil habis-habisan pada pertandingan nanti. Endo dan kawan-kawan akan mendominasi jalannya pertandingan dengan bermain menyerang mengandalkan kecepatan para pemain depan mereka. Di sisi lain, Indonesia diperkirakan akan bermain lebih menunggu dengan garis pertahanan tinggi untuk menjaga kerapatan antarlini, sama seperti ketika menghadapi Irak.

Tim asuhan Shin Tae-yong kemungkinan besar mengandalkan serangan balik cepat yang bisa diinisiasi Yakob Sayuri atau Marselino Ferdinan. Meski tengah dalam situasi sulit, Jepang tetap diunggulkan meraih kemenangan, tetapi Indonesia akan memberi perlawanan sengit.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *