Thursday, May 6

Ini Perkiraan WHO Pandemi Covid-19 Diperkirakan Berakhir

Copenhagen–Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa Hans Kluge yakin pandemi Covid-19 akan berakhir pada awal 2022, Kantor Berita Anadolu melaporkan. Covid-19 masih menyebar pada 2021, tetapi akan lebih terkontrol daripada tahun lalu, katanya kepada penyiar Denmark DR pada hari Ahad.

Menjelaskan situasi terburuk sekarang sudah berakhir, Kluge mengatakan ada lebih banyak informasi tentang virus dibandingkan tahun 2020, selama tahap awal penyebaran. Namun, diingatkan juga bahwa tidak ada yang bisa mengetahui keadaan pandemi Covid-19 di masa mendatang.

“Virus ini akan terus ada, tapi menurut saya sudah tidak perlu lagi pembatasan. Ini pesan yang optimis, ”ujarnya.

Kluge mengatakan mutasi adalah umum dan virus beradaptasi dengan individu yang terinfeksi, yang menjadi perhatian adalah transmisi mutasi yang cepat. Menurutnya, WHO memantau dengan cermat keefektifan vaksin Covid-19 yang dikembangkan untuk melawan virus yang cepat menyebar, menurutnya bila perlu vaksin bisa diganti berdasarkan mutasi baru dan tidak perlu dikembangkan dari awal.

Dia mengatakan mutasi tidak akan membuat virus di luar kendali tetapi akan memberi lebih banyak tekanan pada negara-negara yang sistem perawatan kesehatannya sudah berada pada tingkat yang sulit. Masalah terbesar akan muncul ketika yang sudah divaksinasi berada dalam kelompok yang sama dengan yang belum divaksinasi, oleh karena itu faktor penjadwalan memegang peranan yang sangat penting, ujarnya. (NE/aa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *