by

Ini Perbedaan Cacar Air Dan Monyet

Jakarta: Penyakit monkeypox atau cacar monyet, akhir-akhir ini sedang menjadi perbincangan dan juga sedikit membuat ketar-ketir masyarakat di belahan dunia.

Menurut catatan WHO (World Health Organization) total sudah ada 200 kasus terkonfirmasi cacar monyet dan lebih dari 100 kasus suspek yang dilaporkan lebih dari 20 negara di dunia.

Meskipun penyakit ini jarang terjadi, cacar monyet menjadi salah satu penyakit berbahaya dan sangat menular yang perlu diwaspadai karena merupakan salah satu penyakit zoonosis. Artinya, cacar monyet tidak hanya dapat ditularkan dari sesama hewan, tetapi juga dari hewan ke manusia.

Sementara itu, cacar monyet dan cacar air sekilas memiliki penampakan visual yang hampir sama. Meski begitu, ada beberapa perbedaan yang terletak pada jenis virus, gejala, dan perkembangan keduanya.

Berikut ini perbedaan antara keduanya, yang dirangkum dari berbagai sumber diantaranya.

1. Cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox, sedangkan cacar air disebabkan oleh virus Varicella-zoster.

2. Penyakit cacar monyet biasanya menimbulkan beberapa gejala secara klinis. Misalnya seperti demam, ruam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi medis.

3. Secara umum, cacar monyet merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri dengan gejala yang berlangsung dari dua hingga empat minggu. Namun, kasus yang parah juga dapat terjadi pada pengidapnya yang dapat berujung mengancam keselamatan jiwa.

4. Sementara itu, cacar air atau chickenpox, gejalanya dapat berupa ruam gatal dengan lepuh kecil berisi cairan. Ruam melepuh tersebut akan muncul 10 hingga 21 hari setelah terpapar virus dan biasanya berlangsung sekitar lima hingga 10 hari.

5. Sebagai penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus Varicella-zoster, cacar air sangatlah menular kepada orang yang belum pernah mengidapnya. Selain itu, mereka yang belum divaksin cacar juga sangat rentan untuk tertular.

6. Perbedaan yang paling utama antara kedua jenis cacar ini adalah gejalanya. Cacar monyet menimbulkan pembengkakan kelenjar getah bening, sementara cacar air tidak.