Ini Penjelasan Menteri ESDM Soal Pertlite Dihapus di Tahun 2024

Jakarta – Penghapusan bahan bakar minyak (BBM) pertalite Wacana bersubsidi di tahun ini akan di hapus. Wacaca ini telah muncul dari Agustus 2023 lalu.

masyarakat di intruksikan untuk Siap-siap Pertalite dihapus di 2024.

menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif akhirnya buka suara mengenai penghapusan Pertalite di tahun 2024 ini.

Waktu itu Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yang menjelaskan bahwa pihaknya akan menjalankan Program Langit Biru.

“Ini kita lanjutkan sesuai dengan rencana Program Langit Biru tahap dua di mana BBM subsidi kita naikkan dari RON 90 ke RON 92,” di Komisi VII Jakarta, Rabu (30/8/2023).

ini sesuai ketentuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dimana BBM yang beredar minimum RON 91.

wacana penghapusan Pertalite ini pun mendapat tanggapan dari Arifin yang mengatakan pihaknya tak mempermasalahkan jika Pertamina bisa menghasilkan produk tanpa beban tambahan.

“kalau memang bisa disediakan dengan tidak ada beban tambahan, boleh aja,” ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Namun, Berdasarkan catatan Kementerian ESDM, realisasi subsidi energi 2023 tembus Rp 159,6 triliun.

Pada 2024, ESM menargetkan subsidi energi Rp 186,9 triliun terdiri dari subsidi BBM dan LPG Rp 113,3 triliun dan subsidi listrik Rp 73,6 triliun. Target subsidi pada 2024 lebih tinggi sebagai antisipasi harga bahan baku minyak dan permintaan meningkat.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *