by

Ini Pemimpin Negara Tak Hadir di G20 Bali

Jakarta: Siapa pemimpin dari negara G20 yang tidak datang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Bali terungkap. Mereka adalah Vladimir Putin, Jair Bolsonaro, dan Andres Manuel Lopez Obrador.

Informasi ini datang dari rilis Kementerian Luar Negeri RI melalui portal resminya. Dalam pemberitaan pada, Jumat (11/11/2022) disebutkan alasan mengapa mereka tidak hadir.

“Dari pihak negara G20, Brasil dan Meksiko telah menginformasikan Presiden mereka tidak dapat hadir. Meksiko diwakili Menlu, sementara Brasil masih dilakukan komunikasi untuk rencana Presiden hadir secara virtual,” begitu sumber dari kemlu.go.id.

“Pada 8 November 2022, Kementerian Luar Negeri juga telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta. Disampaikan bahwa Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali,” sumber dari berita itu melanjutkan.

Dengan demikian dari 20 pemimpin negara G20, ada 17 yang hadir secara fisik. Di antaranya Joe Biden, Xi Jinping, Emmanuel Macron, Rishi Sunak, dan tentu saja Joko Widodo.

Baca Juga: Seputar KTT G20 yang Perlu Anda Tahu

Adapun negara anggota G20 adalah Indonesia, Rusia, Amerika Serikat, Tiongkok, Kanada, Inggris, Italia, Arab Saudi, Korea Selatan, Jepang. Dan India, Turki, Argentina, Brasil, Meksiko, Australia, Afrika Selatan, Jerman, Prancis, dan Uni Eropa.

“Kehadiran pemimpin G20 ditambah delapan dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 organisasi internasional, merupakan tingkat kehadiran yang tinggi. Ini mencerminkan komitmen bersama untuk memastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sulit,” demikian pernyataan dari Kemenlu.*