Friday, May 7

Ini Menu Berbuka Puasa Khas Setiap Negara

Jakarta: Berbuka puasa menjadi momen istimewa untuk sekedar melepas dahaga bersama dengan keluarga tercinta.

Kerap kali, kita sudah membayangkan menu berbuka sejak siang hari. Kudapan khas dari negara lain kerap menjadi solusi berbuka yang menyenangkan, apalagi ditengah pandemi covid-19 sekkarang ini.

Tidak hanya menyegarkan tenggorokan dan melegakan perut, makanan-makanan unik sering kita pilih untuk mendapatkan sensasi yang berbeda. Diambil dari berbagai sumber berikut makanan-makanan yang termasuk dalam kategori unik di sejumlah negara.

Apa saja menu unik di setiap negaranya? Berikut rangkumannya:

1. Pide dari Turki

Selama bulan puasa, makanan yang bernama pide akan muncul dan disantap sebagai makanan buka puasa di Turki. Jika selama ini anda hanya mengenal kebab sebagai hidangan khas Turki, maka anda perlu berkenalan dengan pide, roti lembut khas Turki.

Pide adalah roti berbentuk pipih yang populer sebagai hidangan berbuka puasa di Turki. Toko-toko roti biasa menyajikan Pide yang baru matang satu jam sebelum berbuka.

Kepopuleran Pide, bisa dilihat dari antrean orang-orang yang rela menunggu untuk mendapatkan pide yang masih hangat sebagai hidangan berbuka.

2. Full Medames dari Mesir

ul Medames adalah hidangan khas Mesir yang terdiri dari kacang fava. Kemudian dimasak dengan menggunakan minyak sayur, jintan putih, ditambah dengan potongan peterseli, bawang putih, bawang bombai, perasan lemon, dan cabai.

Ful Medames atau orang Mesir sering menyebutnya dengan Ful adalah makanan untuk sarapan. Namun, saat Ramadan, makanan ini lebih populer sebagai menu berbuka puasa.

Makanan ini biasa disajikan dengan roti pita, acar sayuran, dan rempah daun segar yang diletakkan di sisi piring. Kuliner ini punya tekstur yang kental. Kuliner ini punya sensasi rasa rempah yang kuat bercampur dengan gurihnya kacang fava.

3. Kuah Harira dari Maroko

Maroko sangat terkenal dengan makanannya yang terbuat dari kambing. Harira adalah sup tradisional dari Maroko yang biasa dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Kali ini, makanan yang disajikan sebagai makanan berbuka di Maroko adalah sup yang berisi potongan daging kambing dan terdiri dari bumbu-bumbu, seperti jahe dan merica.

4. Fesenjan dari Iran

Fesenjan atau yang dikenal juga dengan sebutan khoresh-e fesenjan atau fesenjoon adalah salah satu hidangan istimewa khas bulan Ramadhan di negara Persia, terumata di Iran dan Irak. Fesenjan ini biasa disantap tidak hanya saat berbuka puasa, melainkan juga saat sahur.

Bentuk fesenjan sendiri hampir mirip dengan kaldu kental yang dibuat dari sirup delima dan juga kenari. Yup, fesenjan memang terbuat dari kaldu unggas (biasanya bebek atau ayam), dimana ayam yang biasa digunakan adalah ayam Persia.

Rasa yang khas dari fesenjan sendiri adalah rasa manis asam. Biasanya, fesenjan disantap bersama dengan polo atau chelo, yaitu nasi putih khas Persia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *