Monday, May 10

Ini Langkah Merawat Karburator Motor

Jakarta: Teknologi sepeda motor semakin berkembang dari tahun ke tahun. Mulai dari sistem pengabutan bahan bakar karburator hingga sekarang injeksi.

Tetapi banyak juga pengendara motor yang masih setia memakai motor berteknologi karburator, meski sekarang setiap sepeda motor keluaran baru berteknologi injeksi.

Mengenai teknologi karburator, walaupun komponen tersebut model lama tetapi bila merawatnya dengan baik, kendaraan motor berkarbu akan tetap layak dan nyaman untuk dikendarai.

Karburator adalah komponen yang penting karena tempat bertemunya udara dan bahan bakar lalu diteruskan ke dalam ruang bakar, karburator dapat menjadi masalah bila kotor, jika karburator kotor maka mesin motor akan mengalami gangguan seperti mesin tersendat – sendat (brebet) bahkan mogok.

Beberapa langkah telah dirangkum rri.co.id dari berbagai sumber yang dapat anda lakukan untuk merawat karburator motor.

Berikut tipsnya;

1. Lepaskan Karburator

Siapkan peralatan seperti obeng dan kunci pas lain yang diperlukan, lalu lepaskan karburator dari dudukannya, lakukanlah dengan hati-hati.

2. Buka Mangkuk Karburator

Setelah dilepaskan dari dudukannya, bukalah mangkuk karburator, lihat dan perhatikan apakah ada endapan atau air di dalam mangkuk tersebut.

Bila kotor, bersihkan dengan cairan khusus. Namun jika tidak ada cairan khusus, dapat dibilas dengan bensin menggunakan kuas. Proses ini harus dilakukan dengan teliti untuk memastikan semua area mangkuk bersih.

3. Cek dan Bersihkan Pelampung

Fungsi pelampung adalah untuk mempertahankan ketinggian bahan bakar yang masuk ke dalam ruang, part tersebut harus dalam kondisi penyetelan dengan tinggi yang sesuai.

Untuk membersihkannya lepaskan pelampung lalu bersihkan dengan bensin menggunakan kuas.

4. Bersihkan Pilot Jet

Fungsi part tersebut untuk mengontrol dan mengalirkan bahan bakar saat putaran mesin bawah sampai menengah.

Untuk membersihkannya lepaskan pilot jet semprot dengain cairan husus bila tidak ada celupkan kebensin bila sudah tiup lubang pilot jet atau gunakan kompresor bila memilikinya. Setelah itu pastikan lubang pilot jet bersih tidak ada yang menyumbat.

5. Lepaskan Main Jet

Fungsi part tersebut untuk mengontrol dan mengalirkan bahan bakar saat putaran mesin menengah sampai ke atas.

Untuk membersihkannya, lepaskan main jet, kemudian semprot dengan cairan khusus. Namun bila tidak ada cairan khusus, celupkan ke bensin.

Kemudian tiup lubang main jet atau gunakan kompresor bila memilikinya. Setelah itu, pastikan lubang main jet bersih tidak ada yang menyumbat.

6. Lepaskan Needle Jet

Fungsi part tersebut untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar dan udara yang mengalir melalui saluran penyiram pada saat ¼ – ¾ pembukaan katup.

Untuk membersihkannya, semprot dengan cairan khusus atau dapat dengan bensin menggunakan kuas. Bila diameternya berubah, gunakan amplas halus untuk menghilangkan kerak yang ada pada nedlee jet.

7. Pasang kembali part-part yang telah dilepas dan dibersihkan

Setelah semua part dibersihkan, jangan lupa bodi karburator dibersihkan juga, lalu rakit satu persatu partnya dengan ukuran atau setelan yang benar. Lakukanlah dengan teliti dan hati-hati.

Kurang lebih seperti itu cara simpel untuk merawat karburator motor. Namun bila anda ragu melakukannya sendiri, sebaiknya service ke bengkel, biarkan ahlinya yang membersihkan.

Service rutin ke bengkel dan rutin juga untuk mengganti oli mesin dapat membuat sepeda motor berkarbu berumur panjang dan layak pakai sehingga dalam melakukan perjalanan dekat atau jauh tetap aman dan nyaman. (Buy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *