Ini Dia Perbandingan Santan Segar dari Pasar dengan Santan Kemasan

Jakarta – Siapa tak kenal dengan santan. Santan sepertinya wajib ada di tiap dapur keluarga Indonesia, baik itu santan dalam kemasan ataupun santan segar. Pasalnya, banyak masakan tradisional Indonesia yang membutuhkan santan sebagai salah satu bahannya.

Saat ini, santan dalam kemasan sudah banyak dijual di berbagai tempat, mulai dari warung kelontong, pasar, hingga supermarket. Sementara, santan segar biasanya hanya bisa kita dapat di pasar tradisional. Namun, bagi beberapa orang, merasa santan segar itu memiliki perbedaan dengan santan dalam kemasan.

Pada artikel ini, Titipku akan memaparkan perbedaan santan dalam kemasan dan santan segar yang bisa kita rasakan. Berikut perbedaannya ”
Keadaan dan Kemasan
Santan Segar:
Santan segar biasanya dihasilkan dengan mengekstrak cairan dari daging kelapa parut. Proses ini melibatkan ekstraksi manual atau menggunakan alat khusus. Santan segar sering dijual dalam bentuk cairan yang dibungkus plastik biasa. Karena keadaannya yang segar, santan ini memiliki batas waktu penggunaan yang lebih pendek.

Santan Dalam Kemasan:
Santan dalam kemasan diproduksi secara industri dan dikemas dalam kemasan bersekat. Proses pengolahan ini melibatkan pemanasan dan pengeringan, yang membantu meningkatkan daya tahan santan. Santan dalam kemasan lebih tahan lama dan mudah disimpan, membuatnya menjadi pilihan yang praktis untuk keluarga yang kebiasaannya memasok belanjaan secara bulanan.

Komposisi dan Konsistensi
Santan Segar:
Santan segar memiliki konsistensi yang lebih kental dan aroma yang lebih segar karena tidak melalui proses pengolahan yang intens. Beberapa orang lebih suka menggunakan santan segar untuk hidangan tertentu karena memberikan cita rasa yang lebih autentik.

Santan Dalam Kemasan:
Santan dalam kemasan memiliki konsistensi yang lebih homogen karena melalui proses pengolahan dan homogenisasi. Meskipun memiliki kepraktisan dalam penyimpanan, beberapa orang menganggap santan dalam kemasan memiliki aroma dan rasa yang kurang autentik dibandingkan santan segar.

Harga dan Ketersediaan
Santan Segar:
Harga santan segar dapat bervariasi tergantung pada daerah dan ketersediaan kelapa. Umumnya, santan segar dapat lebih mahal dibandingkan dengan santan dalam kemasan karena proses produksi yang lebih sederhana dan produknya yang lebih terbatas.

Santan Dalam Kemasan:
Santan dalam kemasan biasanya lebih terjangkau karena proses produksinya secara massal dan proses penjualannya secara retail. Kemudian,s antan jenis ini juga lebih mudah ditemukan di supermarket atau toko swalayan dibandingkan santan segar yang saat ini hanya tersedia di pasar.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *