by

Ini Cara Mengatasi Kantuk Saat Mengemudi

Samarinda: Mengemudikan mobil memang sangat menyenangkan terutama perjalanan jarak jauh ke luar kota. Pemandangan yang menyegarkan mata ditambah lagi dengan jalanan berliku, semua itu memberikan sensasi berbeda. Sensasi tersebut seringkali mengundang rasa kantuk pada pengemudi.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, dalam bulan Oktober 2021 data menunjukkan bahwa satu dari setiap 25 orang dewasa, tertidur saat mengemudi. Tentu ini bisa jadi bahaya, tak hanya untuk pengemudi, tapi juga bagi pengguna jalan lainnya.

60% pengemudi dewasa melaporkan bahwa dirinya mengalami rasa kantuk yang tidak tertahankan saat mengemudi, seperti dilansir dari National Sleep Foundation.

Untuk menghindari bahaya mengemudi dalam keadaan mengantuk, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Saat merencanakan berkendara jarak jauh, sebaiknya patuhi aturan mengemudi. Sebisa mungkin beristirahatlah jika tubuh merasa lelah dan mengantuk.

2. Hindari mengemudi pada jam-jam rawan mengantuk. Jam internal tubuh biasanya akan membuat Anda mengantuk antara tengah malam hingga pukul enam pagi, serta di siang hari. Jadi cobalah untuk hindari mengemudi selama waktu tersebut.

3. Carilah informasi mengenai tempat pemberhentian yang aman dan menyediakan fasilitas lengkap untuk kamu bisa beristirahat.

4. Pastikan tubuh mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas sebelum melakukan perjalanan.

5. Hindari mengonsumsi alkohol dan obat-obatan yang bisa membuat Anda mengantuk saat perjalanan.

6. Jika memungkinakan, bawa pendamping dalam perjalanan. Sebagian besar orang mengemudi dalam keadaan mengantuk, saat pergi sendirian. Jadi mintalah seseorang untuk menemani perjalanan Anda, untuk berbagi tugas mengemudi dan membantu tetap waspada.

7. Perhatikan rambu-rambu peringatan di jalan. Jika Anda merasa mengantuk, segeralah cari tempat berhenti yang aman untuk beristirahat.

8. Bagi sebagian orang, minum kopi bisa jadi cara untuk membuat tubuh lebih waspada dalam perjalanan, selama beberapa jam. Tapi ingat, bahwa kopi bukanlah obat untuk mengatasi rasa kantuk.

Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk mengatasi rasa kantuk saat berkendara, mulai dari mematikan AC dan membuka jendela, hingga menyalakan musik untuk menambah semangat.

Tapi perlu hati-hati, pasalnya hal ini justru bisa mengalihkan perhatian Anda dalam berkendara. Jadi lebih baik menepi dan beristirahat terlebih dahulu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *