by

Ini 10 Provinsi Telah Lewati Puncak Covid-19

Jakarta: Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto mengungkapkan terdapat 10 provinsi di luar Jawa-Bali yang telah melewati masa puncak penularan Covid-19. 10 Provinsi tersebut yakni Sulawesi Utara, Papua, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Kalimantan Timur. Selain itu juga Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Lampung, dan Riau.

“Yang masih naik di Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Timur,” kata Airlangga dalam keterangan pers evaluasi PPKM secara virtual, Senin (7/3/2022).

Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini mengungkapkan angka kejadian reproduksi yang efektif, juga mengalami penurunan secara signifikan hampir di seluruh pulau luar Jawa-Bali.

Meski di beberapa wilayah, angka reproduksi masih berada di atas 1. Angka reproduksi yang efektif adalah angka yang sangat tinggi setelah adanya intervensi.

Dari sisi konfirmasi harian, di luar Jawa-Bali juga menunjukkan tren penurunan. Airlangga mengungkapkan, per 6 Maret 2022, kasus harian di Luar Jawa Bali bertambah 8.158.

Masa puncak jumlah kasus penyaluran harian yang terjadi pada 23 Februari lalu, yakni sebanyak 19.807.

“Kasus waktu itu puncak di 23 Februari. Sementara untuk kasus aktif, masa puncak 3 Maret sebanyak 183.482 dan saat ini per 6 Maret 171.217,” ujar Airlangga.

Adapun untuk kasus kematian, terdapat 91 kasus kematian dengan tingkat fatalitas kasus sebesar 2,61 per bulan Maret.

Menurut Airlangga, sebagian besar kasus kematian terjadi pada pasien dengan penyakit komorbid atau bawaan, lansia, dan belum vaksinasi lengkap.

“Terkait tingkat keterisian tempat tidur rumah (BOR), masih ada 3 provinsi yang tinggi namun masuk terkendali. Sumatera Utara kasus 21.338 BOR 37 persen dengan konversi 21 persen, Kalimantan Timur kasus aktif 16.503 dengan BOR 44 persen dan konversi 25 persen sementara Sulawesi Selatan kasus aktif 15.131 dengan BOR 31 persen dan konversi 18 persen,” ungkapnya.

Sebelumnya, Koordinator PPKM Jawa Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sudah banyak wilayah yang mulai kembali ke level 2 di Jawa Bali, karena tren kasus harian Covid-19 mulai menurun.

Bahkan, angka keterisian rumah sakit dan angka kematian COVID-19 belakangan ini juga ikut menurun.

“Jumlah kematian DKI Jakarta, Bali, Banten telah mengalami penurunan dan kami prediksi provinsi lain juga akan mengalami penurunan,” tandas Luhut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.