Monday, May 10

Inggris Pengguna Pertama Pakai Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech

Jakarta – Inggris resmi menjadi negara pertama di dunia yang menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech untuk melawan virus COVID-19.

Hal Ini di sampaikan Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock menyatakan, vaksin akan mulai tersedia pada pekan depan sebanyak 800.000 dosis pada tahap pertama.

“Kemudian, akan dilanjutkan dengan pengiriman dengan jumlah cepat yang sesuai dengan kemampuan memproduksi dan proses itu tentunya dilakukan oleh Pfizer di Belgia. Jadi, itu semua tergantung dengan kecepatan untuk kapan kita bisa menyediakan vaksin tersebut,” ungkap Hancock dalam wawancara bersama BBC News, Rabu (2/12/2020).

Hancock memastikan ratusan ribu vaksin tahap pertama itu akan diberikan kepada mereka yang sangat rentan, seperti yang berada di panti jompo.

“Para lansia di panti jompo dan staf panti jompo telah ditempatkan di urutan teratas daftar prioritas, diikuti oleh lebih dari usia 80-an dan staf kesehatan dan perawatan,” jelasnya.

Terkait dengan penyimpanan vaksin yang memerlukan suhu hingga -70 derajat celcius, Hancock menyebut akan dilakukan pada tiga metode.

“Penyimpanan akan kita gunakan tiga model, penyimpanan di rumah sakit, pusat vaksinasi dan komunitas yang menyediakan tempat penyimpanan (vaksin),” papar Hancock.

Inggris tercatat telah melakukan pemesanan hingga 40 juta dosis vaksin Pfizer/BioNTech untuk 20 juta warga dengan 10 juta dosis yang akan tiba sepanjang 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *