Tuesday, May 18

Inggris Dikunci Lagi Setelah 1 Juta Kasus

London: Perdana Menteri Boris Johnson memerintahkan Inggris kembali ke penguncian nasional setelah Inggris melewati batas satu juta kasus COVID-19 dan gelombang infeksi kedua mengancam akan membanjiri layanan kesehatan.

Inggris, yang memiliki jumlah kematian resmi terbesar di Eropa akibat COVID-19, bergulat dengan lebih dari 20.000 kasus virus corona baru setiap harinya dan para pakar telah memperingatkan skenario “kasus terburuk” dengan 80.000 kematian dapat terlampaui.

Johnson, pada konferensi pers yang diadakan dengan tergesa-gesa di Downing Street setelah berita tentang penguncian bocor ke media lokal, mengatakan bahwa penguncian selama satu bulan di Inggris akan dimulai setelah tengah malam pada Kamis pagi (29/10/2020) dan berlangsung hingga 2 Desember.

Dalam beberapa pembatasan paling berat dalam sejarah masa damai Inggris, warga hanya akan diizinkan meninggalkan rumah untuk alasan tertentu seperti pendidikan, pekerjaan, olahraga, berbelanja kebutuhan pokok, dan obat-obatan atau merawat yang rentan.

“Kita harus bertindak sekarang,” kata Johnson, seperti dilansir dari Reuters, Minggu (1/11/2020), yang diapit kepala petugas medisnya, Chris Whitty, dan kepala penasihat ilmiahnya, Patrick Vallance. “Kecuali kita bertindak, kita bisa melihat kematian di negara ini mencapai beberapa ribu sehari.”

Pemerintah akan menghidupkan kembali skema subsidi upah darurat virus corona untuk memastikan pekerja yang diberhentikan sementara selama penguncian baru di seluruh Inggris menerima 80% dari gaji mereka, katanya.

Toko-toko penting, sekolah, dan universitas akan tetap buka, kata Johnson, dan sementara ajang olahraga elit akan terus berlanjut, olahraga amatir untuk orang dewasa dan anak-anak akan diminta untuk dihentikan.

Pub dan restoran akan ditutup kecuali untuk dibawa pulang, dan perjalanan internasional keluar tidak disarankan kecuali untuk pekerjaan. Semua ritel non-esensial akan ditutup.

Tempat ibadah akan tetap terbuka untuk ibadah pribadi, meskipun pemakaman akan dibatasi hanya untuk anggota keluarga dekat saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *