by

Industri Game Indonesia Kembali Ramaikan Tokyo Game Show 2022

Jakarta – Industri game Indonesia akan kembali unjuk gigi dalam salah satu gelaran pameran dagang serta ekshibisi game terkemuka di dunia, Tokyo Game Show (TGS) 2022, yang direncanakan akan berlangsung pada 15-18 September 2022 di Makuhari Messe, Chiba, Jepang. Partisipasi Indonesia pada event ini untuk yang ke-empat kali-nya sendiri dirasa cukup istimewa, karena Indonesia akan kembali tampil secara luring dalam event ini, sejak sebelumnya pada partisipasi di tahun 2021 lalu, Indonesia tampil secara daring.

Indonesia, yang akan diwakili oleh sekitar 10 (sepuluh) industri game yang telah terpilih melalui rangkaian proses open call serta kurasi, di dalam gelaran TGS 2022 kali ini akan berpartisipasi di dalam sesi Business Day pada tanggal 15-16 September 2022, yang berlokasi di Hall 2F International Conference Hall, Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

Dalam sesi Business Day ini, para delegasi perwakilan industri game Indonesia akan memfokuskan aktivitasnya untuk memasarkan produk mereka masing-masing serta mencari peluang bisnis baru dengan menjalin kontak dengan para rekanan atau investor bisnis yang potensial.

Lebih lanjut, partisipasi Indonesia dalam gelaran TGS tahun ini juga didukung oleh kolaborasi dari para stakeholder industri game Indonesia, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf); Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo); Kementerian Perdagangan, yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional serta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka; Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang; dan Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Kolaborasi para stakeholder untuk mendukung industri game nasional dalam event TGS 2022 ini diantaranya adalah berupa dukungan fasilitasi penyediaan booth dalam business meeting area TGS 2022, akses terhadap TGS 2022 Business Matching System dan Meet2Match – The Tokyo Edition, Pelaksanaan Business Forum & Matching, hasil kerja sama dengan ASEAN Japan Center, yang akan mempertemukan delegasi Indonesia dengan komunitas dan perkumpulan industri game dan animasi asal Jepang, Promosi dan Publikasi bagi para delegasi partisipan, dukungan bantuan travel grant serta penyelenggaraan networking meeting bersama investor serta komunitas industri game di Jepang.

Menanggapi kembali-nya Indonesia di dalam gelaran TGS 2022 ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku optimis bahwa partisipasi delegasi Indonesia dalam event ini akan mampu menghasilkan capaian bisnis yang bermanfaat bagi industri game lokal Indonesia.

“Kami berharap agar setiap delegasi partisipan dapat menunjukkan performa bisnis yang maksimal serta dapat membawa peluang usaha di industri game global ke tanah air. Tentunya hal ini diharapkan dapat menjadikan industri game sebagai salah satu pilar kebangkitan ekonomi kita serta mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas.”, ujarnya.

Sementara itu, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate, kehadiran game lokal di pasar global seperti TGS ini dapat menguatkan ekosistem game nasional, sekaligus mampu menumbuhkan kreasi dan jiwa nasionalisme bangsa. “Kami sangat meng-apresiasi kemunculan game lokal dan Kemenkominfo terus mendukung penguatan ekosistem industri game lokal serta mendorong inisiasi yang dapat mendorong pertumbuhan game lokal, salah satunya adalah melalui Indonesia Game Developer Exchange (IGDX), yang didalamnya terdapat mentoring, matchmaking, rekrutmen potensi serta mendorong tersedianya acara berbagi informasi dan berkumpulnya para pelaku industri game dalam dan luar negeri setiap tahun.” ujarnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi para pemangku kepentingan (stakeholder) terkait dalam partisipasi Indonesia di ajang TGS 2022. “Partisipasi Indonesia dalam TGS 2022 ini merupakan langkah konkret kolaborasi pemerintah bersama dengan stakeholder industri untuk memajukan ekosistem gim, animasi, dan aplikasi lokal. Kami menyambut baik upaya kolaborasi seperti ini yang sangat membantu pelaku usaha Indonesia untuk go international dan aktif dalam rantai pasok global industri digital dan kreatif,” ujarnya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, merangkap Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi, menyambut kehadiran para game developers Indonesia di Tokyo Games Show 2022. Dubes Heri Akhmadi tegaskan bahwa kembalinya Indonesia secara luring di salah satu event game terkemuka internasional ini tentunya dapat semakin meningkatkan profil industri digital Indonesia di mata dunia. “Saya yakin industri game Indonesia dapat menjadi tulang punggung sekaligus katalisator bangkitnya ekonomi Indonesia. Saya harapkan partisipasi Indonesia di Tokyo Game Show 2022 dapat bermanfaat untuk lebih menduniakan game Indonesia dan mendorong kolaborasi dengan pelaku industri game Jepang” pungkas Dubes Heri Akhmadi.

Dalam penjelasannya mengenai pentingnya partisipasi Indonesia di dalam event TGS ini, Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI) menekankan urgensi dari upaya pemasaran produk game lokal, baik di dalam maupun luar negeri. “Saat ini, sebagian besar pasar game Indonesia masih dikuasai oleh produk impor, sehingga pemerintah perlu untuk menggencarkan kembali pemasaran produk game Indonesia di dalam dan luar negeri demi meningkatkan ekspor produk game lokal. Agar game lokal Indonesia semakin dapat menguasai pangsa pasar lokal maupun global, diperlukan sejumlah usaha berkelanjutan, salah satunya melalui kehadiran para pelaku industri game secara kontinyu dan konsisten di event-event game global seperti Tokyo Game Show.” Jelasnya.

Indonesia dalam Tokyo Game Show (TGS) 2022 akan menampilkan 10 (sepuluh) perusahaan industri game lokal dengan berbagai macam latar belakang. Seperti, game developer, game-related developer, publisher, game services production, dll. Pada partisipasi-nya yang ke-empat kali di event ini, Indonesia akan membawa nama branding campaign GotGame.id: Games From Indonesia, yang dipilih untuk me-representasikan program pemasaran produk game Indonesia di luar negeri. GotGame.id: Games From Indonesia adalah sebuah platform gabungan dari seluruh stakeholder industri game Indonesia untuk membawa produk game terbaik asal Indonesia ke pentas dunia.

GotGame.id: Games From Indonesia @ Tokyo Game Show 2022 adalah:
1. Agate
2. Big Fire Studio
3. Devata Games Production
4. Digital Happiness
5. GameChanger Studio
6. IOTA Studio
7. Megaxus Infotech
8. Melon Indonesia
9. Niji Games
10. Vertwo

Informasi lebih lanjut mengenai ajang TGS 2022 ini bisa didapatkan di situs resmi https://tgs.nikkeibp.co.jp/tgs/2022/en/ atau dengan menghubungi contact@agi.or.id

tentang GotGame.id: Games From Indonesia:
GotGame.id: Games From Indonesia adalah sebuah program kolaborasi antar stakeholder industri game Indonesia yang bertujuan untuk membawa serta menampilkan produk serta servis game terbaik karya anak bangsa ke pentas dunia.
GotGame.id: Games From Indonesia berusaha untuk selalu menampilkan berbagai pilihan produk serta servis game maupun game-related yang merepresentasikan karya terbaik dari industri game Indonesia.

Tentang Tokyo Game Show (TGS) 2022:
Tokyo Game Show (TGS) adalah salah satu event pameran dagang serta eksibisi game terkemuka di dunia. TGS sering menjadi benchmarking bagi penyelenggaraan event serupa di kawasan dunia lain, serta konten di dalamnya juga seringkali menjadi barometer perkembangan industri game global. TGS 2022 adalah penyelenggaraan TGS yang ke-27 (dua puluh tujuh), sejak inaugurasi-nya pada tahun 1996 lalu.

TGS 2022 akan diselenggarakan secara hybrid pada 15-18 September 2022, dengan lokasi penyelenggaraan luring yang berada di Makuhari Messe, Chiba, Jepang. TGS 2022 diproyeksikan akan dihadiri oleh kurang lebih 31.605 eksibitor dari Jepang dan seluruh dunia, serta menghadirkan sekitar 1.883 booth eksibisi pada sesi pamerannya.(tru)