by

Indonesia vs Singapura, ini Prediksi Leg II AFF

Jakarta: Timnas Indonesia akan berjumpa Timnas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Pemenang laga di National Stadium ini dipastikan bakal menjadi salah satu kontestan final Piala AFF 2020. Pertandingan ini dijadwalkan kick-off pada pukul 19.30 WIB.

Pada leg pertama, Indonesia harus puas ditahan imbang Singapura dengan skor 1-1. Sempat unggul dari aksi Witan Sulaeman, Skuad Garuda harus rela berbagi angka setelah Ikhsan Fandi mencetak gol.

Faktor kelelahan menjadi andalan mengapa Indonesia gagal mengamankan kemenangan. Selain itu, masalah pelik di lini depan juga belum menemui titik terang. Empat penyerang yang dibawa ke Piala AFF masih belum menjanjikan.

Sejauh ini, top skor Indonesia di Piala AFF 2020 dipegang Irfan Jaya dengan tiga gol. Irfan Jaya diprediksi akan kembali jadi andalan. Tapi, kali ini dia akan mendapat bantuan dari Egy Maulana Vikri yang siap bermain.

Di sisi lain, Singapura menunjukkan dua wajah yang berbeda pada leg pertama melawan Indonesia. Pada babak pertama, mereka tampil gugup dan gagal mendapatkan level terbaiknya. Performa mereka membaik pada babak kedua.

Singapura punya kombinasi yang bagus di lini depan, Faris Ramli dan Ikhsan Fandi. Nama pertama adalah kreator serangan yang piawai. Dia punya kemampuan dribel yang bagus. Visi umpan pemain 29 tahun juga apik.

Sementara, soal Ikhsan Fandi, tidak ada yang perlu diragukan darinya. Penyerang 22 tahun telah mencetak tiga gol di Piala AFF. Ikhsan Fandi tipe penyerang yang lengkap. Dia kuat, cepat, dan tajam.

Tapi, Singapura punya titik lemah di sektor sayap. Pada leg pertama, Indonesia beberapa kali punya peluang berbahaya dari sisi lapangan. Bukan tugas yang mudah bagi pelatih Tatsuma Yoshida untuk memperbaiki tim dalam waktu singkat.

Jika mampu memanfaatkan kelemahan Timnas Singapura, buka tidak mungkin Timnas Indonesia bisa mengalahkan tim tuan rumah. Indonesia harus menang jika ingin lolos ke final. Sebab, hasil imbang akan membuat laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Timnas Indonesia akan mendapatkan dua tambahan tenaga untuk laga besok. Gelandang Ramai Rumakiek yang absen pada laga sebelumnya karena akumulasi kartu kini sudah dapat kembali bermain. Selain itu, Egy Maulana Vikri sudah dapat bermain pada laga kali ini.

Egy baru bergabung dengan Timnas Indonesia sehari sebelum laga pertama berlangsung. Tae-yong tak memainkannya karena menilai Egy masih harus menjalani pemulihan pasca penerbangan panjang.

Kembalinya Egy dan Ramai Rumakiek membuat Tae-yong memiliki pilihan lebih banyak di lini tengah dan depannya. Kedua pemain yang lebih segar itu juga bisa menjadi senjata rahasia Timnas Indonesia jika Tae-yong memutuskan tidak memainkan keduanya sejak awal.

Akan tetapi, Tae-yong kerap membuat kejutan dengan skema permainan maupun susunan pemainnya pada ajang Piala AFF 2020. Pada laga leg pertama kemarin misalnya, dia kembali memutuskan menggunakan skema tiga bek tengah dengan mengorbankan kapten Evan Dimas di lini tengah.

Selain itu, bek Elkan Baggott yang tampil apik pada laga kontra Malaysia juga tak diturunkan sejak awal. Pelatih asal Korea Selatan itu lebih mempercayakan Rizky Ridho untuk mendampingi Alfeandra Dewangga dan Fachrudin Aryanto.

Melihat pertandingan pada laga pertama, Timnas Indonesia harus pintar menyimpan tenaga untuk bertarung selama 90 menit pada laga besok. Apalagi ada peluang besar laga akan berlanjut ke babak tambahan.

Masuknya Egy bisa menjadi berkah tersendiri karena pemain FK Senica itu dinilai memiliki kecepatan yang bisa membuat Indonesia melancarkan serangan balik cepat dan juga kemampuan untuk meliuk-liuk di lini pertahanan lawan.

Egy bisa memanfaatkan kelemahan di lini kiri pertahanan Singapura yang pada laga Rabu kemarin terlihat kerap kerepotan saat digempur oleh Witan dan Asnawi.

Tugas berat akan diemban oleh Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto. Pasalnya kedua pemain ini harus memastikan Faisal Ramli tak leluasa menguasai bola hingga mengancam gawang Nadeo Argawinata.

Faisal Ramli terbukti merupakan pemain Singapura yang paling berbahaya karena pergerakannya yang lincah. Dia merupakan penyuplai utama bola kepada Ikhsan Fandi.

Satu hal terpenting lainnya adalah karena wasit memberikan keputusan yang merugikan bagi Timnas Indonesia pada laga itu. Skuad Garuda seharusnya mendapatkan penalti saat Ricky Kambuaya dilanggar bek Timnas Singapura Nazrul Nazari pada menit ke-77 di dalam kotak penalti, akan tetapi wasit asal Korea Selatan Kim Hee-gon hanya memberikan tendangan bebas karena menganggap pelanggaran terjadi di luar kotak penalti.

Jika pertandingan berjalan tanpa kendala dan para pemain Timnas Indonesia bisa menampilkan performa terbaik mereka pada pertandingan nanti, skuad Garuda dipastikan akan mampu menggulung Timnas Singapura dengan skor meyakinkan dan lolos ke partai Final PIala AFF 2020.

Prediksi Skor: Singapura 0-2 Indonesia

Perkiraan Susunan Pemain:

Singapura (3-5-2): Hassan Sunny; Zulfahmi Arifin, Safuwan Baharudin, Irfan Fandi; Nazrul Nazari, Song Ui-yong, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun, Nur Adam Abdullah; Faris Ramli, Ikhsan Fandi

Pelatih: Tatsuma Yoshida (Jepang)

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Rikcy Kambuata, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri, Kushedya Hari Yudo, Irfan Jaya

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Keterangan Foto: Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan (kanan) melakukan selebrasi dengan rekannya Witan Sulaeman usai menjebol gawang Timnas Malaysia dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia menang dengan skor 4-1 dan lolos ke babak semi final Piala AFF. ANTARA FOTO/Humas PSSI/app/aww.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *