by

Indonesia Perketat Pintu Masuk, Hindari Cacar Monyet

Jakarta: Indonesia mulai memperketat pintu masuk dari luar negeri. Hal itu dilakukan mengingat cacar monyet atau monkeypox sudah menyebar di 78 negara.

“Kita akan memperketat pintuk masuk ke Indonesia terhadap orang-orang yang baru berpergian dari negara yang terjangkit cacar monyet,” kata Juru bicara Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril saat berbincang bersama Pro3 RRI, Jumat (29/7/2022).

Syahril menjelaskan memperketat pintu masuk dengan cara menyediakan laboratorium sehingga ketika ada gejala akan dikarantina.

“Kita akan mempersiapkan nakes dan fasilitasnya agar lebih cepat menangani pasien yang diduga terkena gejala cacar monyet,” ucapnya menegaskan.

World Health Organization (WHO) menyatakan wabah cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan global pada Sabtu (23/7/2022).

Data WHO pada Rabu (27/7/2022) menunjukkan ada lebih dari 18.000 kasus cacar monyet yang dilaporkan secara global di 78 negara, dengan mayoritas di Eropa.

Sekitar 98 persen kasus penyebaran yang terjadi di luar negara-negara Afrika dilaporkan pada pria yang berhubungan seks dengan pria lain.