by

Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023 Setelah Bantai Nepal

Jakarta: Timnas Indonesia berhasil memastikan satu tiket untuk tampil di putaran final Piala Asia 2023 usai membantai Nepal dengan skor 7-0 dalam laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Pesta gol Timnas Indonesia pada laga kali ini dibuka oleh Dimas Drajad di menit ke-6. Lalu, Indonesia baru bisa menggandakan keunggulan di menit ke-43 lewat sepakan Witan Sulaeman, meski Nepal sudah bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-33.

Indonesia menggila di babak kedua dengan mencetak lima gol tambahan, yang masing dicetak oleh Fachrudin Aryanto (54′), Saddil Ramdani (55′), Elkan Baggott (80′), Gol kedua Witan Sulaeman (81′), dan gol ketujuh timnas disumbangkan oleh Mrselino Ferdinan di menit ke-90′.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai runner up terbaik dari Grup A, setelah di pertandingan lainnya, Yordania sukses mengalahkan tuan rumah Kuwait dengan skor 3-0.

Timnas Indonesia langsung menampilkan permainan menyerang begitu pertandungan dimulai. Laga baru berjalan 11 detik Skuad Garuda sudah menebar ancaman. Saddil Ramdhani merangsek ke kotak penalti Nepal dan melayangkan tembakan. Sayang, bola masih bisa diblok.

Pasukan Merah Putih membuka keunggulan pada menit keenam. Umpan silang yang dilepaskan Asnawi Mangkualam dari sisi kanan mampu ditanduk dengan sempurna oleh Dimas Drajad. Kiper Nepal, Deep Karki, tak bisa menjangkau si kulit bundar. Indonesia memimpin 1-0.

Setelah unggul satu gol, Indonesia nampak kurang fokus. Sebab, secara beruntun di menit ke-11 dan 13, Asnawi dan Pratama Arhan melakukan blunder saat melakukan back-pass. Untungnya peluang tersebut tak bisa dimanfaatkan pemain Nepal.

Peluang emas didapat Timnas Indonesia pada menit ke-20. Menyisir dari sisi kiri, cut-back kemudian dilepaskan Saddil ke bagian tengah kotak penalti. Witan Sulaeman lantas membuat keputusan mengambil tembakan. Namun, bola mampu diamankan Deep Karki.

Pasukan Shin Tae-yong semakin di atas angin ketika laga memasuki menit ke-33. Pasalnya pemain Nepal, Suman Aryal, mendapatkan kartu kuning keduanya di laga ini. Dengan demikian ia harus meninggalkan lapangan permainan.

Keunggulan jumlah pemain ini dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia. Mereka menambah keunggulan di menit ke-44. Memanfaatkan umpan cut-back Asnawi, Witan Sulaeman lantas melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Indonesia memimpin 2-0 hingga turun minum.

Unggul dua gol tak lantas membuat Indonesia mengendurkan tekanan di babak kedua. Marc Klok dkk. tampak menjaga intensitas permainan dan terus mengurung lawan.

Peluang emas bahkan hadir di menit ke-51 saat bola tembakan Muhammad Rafli dari posisi yang sangat bebas masih tepat mengarah ke kiper.

Indonesia memimpin 3-0 di menit ke-53. Fachruddin Aryanto melesakkan gol setelah menyambar bola sepak pojok, yang gagal diblok dengan mulus oleh pemain Nepal.

Hanya butuh satu menit Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 4-0. Umpan Rafli ke kotak penalti langsung disontek oleh Saddil Ramdani.

Rafli kembali membuang peluang emas di menit ke-58. Kemelut di depan gawang masih tak bisa dituntaskan menjadi gol dan semenit berselang bola tembakan Witan yang membentur tiang.

Elkan Baggott menambah gol untuk membawa Indonesia memimpin 5-0 di menit ke-79. Dia sukses melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Semenit berselang, Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 6-0. Pemain Nepal melakukan kesalahan hingga bola bisa direbut Ricky Kambuaya, yang kemudian mengoper ke Witan untuk menari-nari di kotak penalti sebelum melesakkan gol.

Marselino Ferdinan menutup laga ini untuk membawa Indonesia menang 7-0. Golnya tercipta setelah menyambar umpan tarik dari Rafli di penghujung laga. Tak ada gol tambahan sampai laga tuntas. Indonesia menang dan lolos ke Piala Asia 2023.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama, Arhan; Witan Sulaeman, Saddil Ramdhani, Dimas Drajad.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Timnas Nepal (3-5-2): Deep Karki; Shiva Gurung, Bikash Tamang, Suman Aryal; Sunil Bal, Arik Bista, Nir Kumar Rai, Pujan Uperkoti, Santosh Tamang; Prince George Karki, Rajan Gurung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.