by

Indoneisa Bersiap Hadapi Cacar Monyet

Jakarta: Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena meminta pemerintah bersiap menghadapi wabah cacar monyet (monkeypox).

“Terutama tentang informasi memberikan keterangan yang lebih sederhana (kepada masyarakat, Red),” ucapnya kepada wartawan, Senin (25/7/2022).

Diharapkannya, dengan begitu, masyarakat dapat memahami dengan baik terkait pengobatan dan pencegahan awal ketika terindikasi terpapar cacar monyet.

“Kemenkes (juga, Red) harus mempersiapkan sarana prasarana dan bagaimana tenaga kesehatan yang mempersiapkan antisipasi apabila ini masuk ke tanah air,” katanya.

“Klinik misalnya, semua sudah siap merespon apabila menemukan kejadian cacar monyet di tengah masyarakat,” ujarnya melanjutkan.

Selain itu, tambahnya, obat dan vaksin untuk penyakit menular tersebut harus segera disiapkan.

“Jadi ini beberapa hal yang bisa kita mulai sekarang, tetapi berbekal dari apa yang kita alami menangani pandemi Covid-19 dengan baik dapat menjadi pedoman menangani monkeypox,” ucapnya.

Ia juga meminta pihak terkait untuk menyiapkan pola yang baik dalam menghadapi seluruh kedatangan dari luar negeri. Baik itu kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) ataupun Warga Negara Asing (WNA).

“Baik melalui pelabuhan laut, darat, atau melalui pintu penyebaran udara,” katanya lagi.

WHO telah memutuskan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan cacar monyet menyebar di lebih 70 negara.

Menurutnya ini adalah situasi luar biasa yang sekarang memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global.