Thursday, May 6

Indikator Politik: Anies Capres Pilihan Anak Muda

Jakarta : Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis survei pilihan anak muda terhadap calon presiden.

Survei tersebut menghasilkan nama Anies Baswedan menjadi pilihan terbanyak di antara 17 nama lainnya.

Direktur Eksekutif Indikator Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan Gubernur DKI Jakarta tersebut mendapat 15,2 persen suara dari 1.200 responden yang diwawancarai dalam sebuah survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia.

“Saat ini, lebih banyak anak muda yang belum memilih nama untuk menjadi Presiden jika pemilu diadakan sekarang. Di antara nama-nama yang ada, pilihan lebih banyak pada Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Prabowo Subianto. Nama-nama lain lebih sedikit dipilih,” kata Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia tentang “Suara Anak muda Tentang Isu-isu Sosial Politik Bangsa” secara daring, Minggu (21/3/2021).

Anies Baswedan, lanjut Burhanudin, mengungguli 16 nama lainnya yang disodorkan oleh Indikator Politik Indonesia seperti Ganjar Pranowo yang menduduki posisi ke-2 dengan perolehan 13,7 persen suara, Ridwan Kamil 10,2 persen, Sandiaga Uno 9,8 persen, Prabowo Subianto 9,5 persen, hingga Airlangga Hartarto dan Mahfud MD yang hanya mendapatkan 0,2 persen

“Sementara itu, tercatat pula 30,5 persen responden tidak menjawab atau tidak menentukan pilihannya,”ujarnya.

Adapun, survei nasional suara anak muda ini dilaksanakan pada 4—10 Maret 2021, dengan responden muda berusia 17 hingga 21 tahun berjumlah 1.200 responden.

Adapun, metode yang digunakan dalam survei tersebut adalah simple random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *