Imigrasi Deportasi Tiga WNA Kamerun

Tangerang: Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mendeportasi tiga warga negara asing (WNA) asal Kamerun berinusial CT, OzN dan OCN. Pasalnya, diduga telah melanggar Undang-Undang No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Rakha Sukma Purnama mengatakan, pihaknya. menggagalkan upaya tiga WNA asal dari Kamerun, berinisial CT, OCN dan OZM. Mereka hendak membuat Paspor Indonesia.

“Upaya tersebut dilakukan pada pelayanan Gerai Tangcity Mall. Bahkan WNA Kamerun itu melampirkan dokumen persyaratan yang sudah lengkap,” ucapnya, Selasa (19/9/2023).

Saat diwawancara petugas, sambung Rakha, pihaknya curiga terhadap CT dan OZM. Keduanya tidak bisa memberikan keterangan dengan benar, sehingga petugas menunda untuk melanjutkan pelayanan permohonan paspor dan meminta untuk datang kembali guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Kemudian, mereka datang dan melakukan wawancara kembali. Karena petugas kami memiliki kecurigaan sehingga petugas langsung dilakukan penindakan dan pendalaman,” katanya.

Ternyata, lanjutnya,diketahui bila OZM dan OCN adalah putri dari CT. Ketiga belum pernah melakukan pendaftaran/permohonan kewarganegaraan dan tidak memiliki surat keputusan kewarganegaraan. Bahkan belum pernah diambil sumpah menjadi warga negara Indonesia.

“CT, OZM dan OCN diduga melanggar Pasal 119 Ayat (1) dan Pasal 75 Ayat (1) dan (2) huruf (a) dan (f) Undang-Undang No 6/2011 tentang Keimigrasian. Mereka akan dideportasi dan penangkalan,” ujar Rakha.

Dia menambahkan, ketiganya akan dipulangkan ke negara asalnya yaitu, Kamerun pada hari Kamis, 21
September 2023. Seluruhnya diterbangkan menggunakan maskapai Ethiopian Airlines.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *