by

HUT RI, Polairud Karimun Kibarkan Bendera di Pulau Terluar

Karimun: Memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) Satpolairud Polres Karimun didampingi Direktorat Polairud Polda Kepri dan bersama Basarnas Karimun mengibarkan bendera merah putih di pulau terluar Indonesia pada Kamis kemarin (11/8/2022).

Kasat Polairud Polres Karimun AKP Binsar Samosir mengatakan pengibaran bendera merah putih itu berada di Pulau Tokong Hiu Besar yang berada di Selat Malaka. Binsar menjelaskan tujuannya ingin menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan juga ikut memeriahkan HUT ke-77 RI.

“Tujuan bendera ini dikibarkan sebagai ikut meriahkan hari kemerdekaan Indonesia serta menjaga kedaulatan wilayah,” kata Binsar Samosir, Jumat (12/8/2022).

Binsar menjelaskan pulau tersebut tidak berpenguhuni sehingga adanya rintangan dalam mengibarkan bendera merah putih terletak pada tidak ada dermaga untuk menyandarkan kapal. Selain itu juga banyaknya karang laut sehingga berbahaya jika tidak hati-hati untuk menyadarkan kapal.

“Tidak mudah kami untuk bersandar di Pulau Tokong Hiu Besar ini karena pulau ini tidak memiliki dermaga dan besarnya batuan karang, dipastikan bakal menghalangi kapal untuk mendekat,” ujar Binsar.

Binsar menjelaskan lebih lanjut untuk mencapai pulau tersebut menggunakan tiga unit yakni kapal KP Barelang Ditpolairud Polda Kepri, KP XXX-30-1002 Satuan Polairud Polres Karimun dan 1 unit RIB SAR Satpolairud Polres Karimun.

“Untuk mencapai pulau Tokung Hiu Besar memerlukan waktu satu jam perjalanan dari Kabupaten Karimun,” kata Binsar menjelaskan.

Dalam pengibaran bendera merah putih Direktorat Polairud Polda Kepri dan Sat Polairud Polres Karimun bersama Basarnas Karimun mengibarkan sebanyak 50 bendera merah putih.

“Pemasangan Bendera Merah Putih di Pulau terluar tersebut merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap Pahlawan yang telah memperjuangan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia,” tutup Binsar.