HUT Kemerdekaan di IKN, Istana Mulai Lakukan Persiapan

Jakarta: Istana mulai melakukan persiapan menggelar HUT Kemerdekaan ke-79 yang rencananya akan dilakukan di Ibu Kota Negera (IKN) Nusantara. Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan semua kementerian/lembaga terkait persiapan tersebut.

“Tadi kami bicarakan sudah mulai masuk ke detail-detailnya. Dan kami berkomitmen untuk melakukan semua rangkaian bulan kemerdekaan yang biasanya ada di Jakarta, jadi di IKN,” kata Setya dalam keterangan persnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

“Jadi memang ada ketentuan-ketenuan yang harus dilaksanakan bahwa penyelenggaraannya di IKN, karena kita akan melakukan di sana. Tentu saja persiapannya harus dimulai dari sekarang.”

Menurut Setya, ketua panitia HUT Kemerdekaan ini akan dipimpin Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono. Heru menyebut, penyelenggaraan bulan kemerdekaan akan berlangsung sejak tanggal 1-18 Agustus 2024, termasuk upacara kemerdekaan di IKN.

“Saya minta kepada BPIP terkait dengan Paskibraka yang biasanya itu baru terbentuk itu sekitar bulan Mei, saya minta lebih cepat lagi. Termasuk juga pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI, kalau bisa dari Maret sudah mulai ada,” kata Heru.

Heru pun meminta latihan Paskibraka dilakukan di Jakarta yang disesuaikan dengan situasi di IKN nanti. Dalam rapat hari ini, Heru juga menyebut dibahas juga kesiapan akomodasi hotel, transportasi hingga rute menuju IKN.

“Termasuk rute siapa yang menginap di Balikpapan, siapa yang menginap di Samarinda, Pickup-nya (penjemputan) bagaimana. Lantas nanti menggunakan kendaraan listrik titiknya di mana, itu nanti kita bahas, dan pendetailan hari ini dan seterusnya nanti masing-masing,” ujarnya.

“Tadi saya sampaikan masing-masing kita membahas nanti duA minggu lagi kita ketemu.” Heru juga bersama pihak terkait akan melakukan peninjauan langsung ke IKN dalam waktu dekat terkait persiapan ini.

Menurut Heru, persiapan penyelenggaraan upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024 di IKN akan mirip dengan persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi. Meskipun upacara akan dilakukan secara hybrid yakni luring dan daring, namun tetap banyak akomodasi yang harus disiapkan.

“Ini agak mirip-mirip penyiapan persiapan KTT lah begitu, karena kita harus siapkan akomodasi yang banyak juga di IKN. Sudah ada 2 hotel yang akan beroperasi dengan kapasitas 500 kamar, tapi itu belum cukup,” katanya.

“Nanti kita juga akan gunakan hotel di Balikpapan dan Samarinda, juga dengan wisma haji dan lain lain. Karena kita akan mengerahkan banyak sekali dari seluruh Indonesia ke sana (IKN).”

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *